Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Metode Differentiated Instruction Berbasis Mobile Learning Pada Materi Limit Fungsi

Triana Harmini, Dihin Muriyatmoko, M. Shulton Mubarok

Abstract


 

This research aims to develop learning media using differentiated instruction based on mobile learning on Function Limits material. This research uses the Waterfall model, which consists of requirements, design, implementation, verification, and maintenance. Data collection techniques use questionnaires. The research subjects were students in the 1st semester of the Informatics Engineering Study Program. At the requirements stage, we analyzed students' initial needs and abilities, leading to the creation of mobile learning-based mathematics learning media with differentiated instruction. These results have practical applications for function-limit material. This analysis led to the creating of mobile learning-based mathematics learning media using differentiated instruction. We conceived an engaging concept for mobile learning-based mathematics learning media at the design stage, facilitating its subsequent development. Next, mobile learning-based mathematics learning media was produced at the implementation stage using Android Studio Girrafe. At the verification stage, we conducted black box and functional testing to demonstrate that the learning media operates smoothly by the planned features. Verification on media and material experts received 90.45% and 92.73% results. We conducted user trials and obtained a success rate of 83,56%, the designed application is valid and can serve as a learning medium for Functional Limits material.

 

Keywords: differentiated instruction; instructional media; mobile learning

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran menggunakan differentiated instruction berbasis mobile learning pada materi Limit Fungsi. Model penelitian penelitian ini menggunakan model Waterfall yang terdiri dari requirment, design, implemetation, verification, dan maintenance. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi teknik Informatika semester 1. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi media pembelajaran matematika berbasis mobile learning pada materi Limit Fungsi di mana pada tahap requirment telah dilakukan analisis kebutuhan dan kemampuan awal mahasiswa, yang mengarah pada pembuatan media pembelajaran matematika berbasis mobile learning menggunakan differentiated instruction. Pada tahap design, telah merancang suatu konsep media pembelajaran matematika berbasis mobile learning yang menarik agar dapat dikembangkan lebih lanjut. Selanjutnya, pada tahap implementation dihasilkan media pembelajaran matematika berbasis mobile learning menggunakan Android Studio Girrafe. Pada tahap verification, telah dilakukan pengujian blackbox dan fungsioanalitas mendapatkan hasil bahwa media pembelajaran dapat berjalan dengan baik sesuai fitur yang direncanakan. verifikasi dilakukan pada ahli media dan ahli materi mendapatkan hasil 90,45% dan 92,73%. Uji coba pengguna telah dilakukan dan mendapatkan hasil sebesar 82,50% sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang telah rancang valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran materi Limit Fungsi.

 

Kata Kunci: differentiated instruction; media pembelajaran; mobile learning

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v11i4.pp245-260





References


Aripin Ipin. (2018). Konsep dan Aplikasi Mobile Learning dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bio Educatio, 3(April 2018), 01–09.

Arviana, N. N., & Siswono, T. Y. E. (2014). Penerapan Pendekatan Differentiated Instruction Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii Smp Pada Materi Kubus Dan Balok. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3), 150–157.

Aziz Ramadan, F., & Arfinanti, N. (2019). Pengembangan Mobile Learning Rensi (Relasi dan Fungsi) Berbasis Android pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 42–50. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.11.42-50

Calimag, J. N. V., Miguel, P. A. G., Conde, R. S., & Aquino, L. B. (2014). Ubiquitous Learning Environment Using Android Mobile Application. International Journal of Research in Engineering & Technology, 2(2), 2321–8843. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Defitriani, E. (2018). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa melalui Pendekatan Differentiated Instruction. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 72–76. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i2.2548

Fatimah, A. E. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan Melalui Pendekatan Differentiated Instruction. Phys. Rev. E, 11–23. http://www.ainfo.inia.uy/digital/bitstream/item/7130/1/LUZARDO-BUIATRIA-2017.pdf

Fatmianeri, Y., Hidayanto, E., & Susanto, H. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Differentiated Instruction untuk Pembelajaran Blended Learning. 10(1), 50–62.

Futri Basya, Y., Faqih Rifa’i, A., & Arfinanti, N. (2019). Pengembangan Mobile Apps Android sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.11.1-9

Hakim, L., & Sumbawati, M. S. (2015). Pengembangan Aplikasi Andronika Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Di Smk Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 795–804.

Komariah, S., Suhendri, H., & Hakim, A. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 43. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.2805

Kurniawati, & Mohammad Badrul. (2021). Penerapan Metode waterfall untuk Perancangan Sistem Informasi Inventory Pada Toko Keramik Bintang Terang. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 8(2), 57–52. https://doi.org/10.30656/prosisko.v8i2.3852

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Nabila Putri Isamer, Rani Refianti, & Yufitri Yanto. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning Menggunakan Konteks Kota Lubuklinggau Materi Barisan. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.35438/e.v10i1.571

Nuraini, I., Sutama, S., & Narimo, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Ispring Suite 8 Di Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 31(2), 62–71. https://doi.org/10.23917/varidika.v31i2.10220

Nurhayati, D., Rahmawati, D., & Farida, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Segi Empat Dan Segitiga Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Labuhan Maringgai. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 11–24. https://doi.org/10.24127/emteka.v2i1.731

Purwanto, A. J., & Rina Sugiarti Dwi Gita. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berdifferensiasi Berbasis Android. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika Vol., 5(2), 131–142. https://doi.org/10.54895/intech.v2i2.1169

Riduan, & Akdon. (2015). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Alfabeta.

Simanjuntak, S. S., & Listiani, T. (2020). Penerapan Differentiated Instruction dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas 2 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 134–141. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p134-141

Sommerville, I. (2011). Software Engineering (9th ed.; Boston, Ed.). Massachusetts: Pearson Education.

Sugeng, S., & Hidayati, H. (2023). Pengembangan Media Desain Batik Transformasi Geometri dalam Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 77–88. http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v11i2.pp132-148


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.