EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Beny Novandro, M. Coesamin, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This quasi experimental research purposed to know the effectiveness of cooperative learning model of Group Investigation type viewed by mathematics learning result of students of grade XI IPS SMAN 8 Bandar Lampung even semester in academic year 2012/2013. This research design was posttest only control design. The population of this research were all students of grade XI IPS SMAN 8 Bandar Lampung even semester in academic year2012/2013 which distributed into five classes. Samples of this research were all students of XI IPS 3 as experiment class and students of XI IPS 4 as control class. Samples were chosen by purposive random sampling. The data of this research was students mathematics learning result. The research concluded that the application of cooperative learning model of Group Investigation type was effective to increase the result of students mathematics learning.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2012/2013 yang terdistribusi dalam lima kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Sampel dipilih melalui teknik purposive random sampling. Data penelitian ini adalah data hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Kata kunci: efektivitas, group investigation, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Pasal 1 Ayat 1. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) UU RI No. 20 tahun 2003 dan Undang-Undang Guru dan Dosen UU RI Nomor 14 tahun 2005. Jakarta: Depdiknas.

Furchan, Arief. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Ruseffendi, E.T. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Soedjadi, R.2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

TIMSS. 2011. TIMSS Result 2011. http://nces.ed.gov/timss/results11math11.asp (Diakses tanggal 13 Januari 2013).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.