Pengaruh Model Project Based Learning Dengan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Ddidik Kelas V SD
Abstract
The problem in this study is the low mathematics learning outcomes of V grade students at SD Negeri 1 Bandar Agung. This study aims to determine the effect of using a project based learning model with audio visual media on the mathematics learning outcomes of fifth grade students. This type of research is quantitative research with an experimental approach. type of quasi-experimental method (quasi experiment design) with the form of Non-equivalent Control Group Design. The population and sample in this study were all V grade students at SD Negeri 1 Bandar Agung, totaling 54 students. Data collection techniques were carried out using multiple choice tests and non-tests in the form of observation and documentation studies. The data analysis technique uses a simple linear regression test. The results of calculations to test the hypothesis through a simple linear regression test show that Ha is accepted, which means that there is an effect of using the project based learning model with audio-visual media on the mathematics learning outcomes of grade V students at SD Negeri 1 Bandar Agung.
Keywords: learning outcomes; project based learning model; students
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Bandar Agung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model project based learning dengan media audio visual terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, jenis metode eksperimen semu (quasi experiment design) dengan bentuk Non-equivalent Control Group Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Bandar Agung yang berjumlah 54 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes berupa pilihan jamak dan non tes berupa observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil perhitungan untuk menguji hipotesis melalui uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh penggunaan model project based learning dengan media audio visual terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 1 Bandar Agung.
Kata Kunci: hasil belajar; model project based learning; peserta didik
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Adnyani, Dewa Ayu Diah, dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Audio Visual terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan Matematika. International Journal of Elementary Education. 2 (2): 94-100.
Ahmadi, F. & Ibda, H. 2018. Media Literasi Sekolah: Teori dan Praktik. CV Pilar Nusantara, Semarang.
Akhiruddin, dkk. 2019. Belajar dan Pembelajaran. CV Cahaya Bintang Cemerlang, Gowa.
Aprilya, A.P. 2020. Penggunaan Model Inquiry Learning dalam Pembelajaran. Ahlimedia Press, Malang.
Aqib, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk SD, SLB, TK. Yrama Widya, Bandung.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.
Astuti, N & Muncarno, M. 2021. Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar Tematik Sekolah Dasar. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 983-989.
Bernard, M. 2015. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Serta Disposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Game Adobe Flash CS 4.0. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 4(2), 197–222.
Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar. Deepublish, Yogyakarta.
Depdiknas. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas, Jakarta.
Desmalelah. 2014. Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika dengan Penerapan Pendekatan Scientifik Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples pada Siswa Kelas V SD Negeri 94 Seluma. (Skripsi). Universitas Bengkulu, Bengkulu
Destini, F., Khairani, F., & Wulandari Utamining Tias, I. 2022. Pengaruh Model Talking Stick dan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas V. Didaktika, 2(1), 1-10.
Dewi, M. R. 2022. Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Ejournal UPI, 19(2), 213–226.
Faizah. 2015. Penerapan Pendekatan Saintific Melalui Model Project Based Learninguntuk Meningkatkan Ketrampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Seworan, Wonosegoro. Scholaria, Vol. 5, (1) 24-38
Hanafiah, Nanang. 2010. KonsepStrategiPembelajaran. Bandung: RefikaAditama
Hardini, dkk. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep dan implementasi). Yogyakarta: Familia ( Group relasi inti Media)
Hasan, Muhammad, dkk. 2021. Strategi Pembelajaran. Tahta Media Group, Jawa Tengah.
Hasnawati. 2015. Pendekatan Contextual Teaching and Learning Hubungannya dengan Hasil Belajar. Staf Pengajar FDBS Universitas Negeri Yogyakarta. Halaman 3.
Ibda, H. 2019. Media Pembelajaran Berbasis Wayang: Konsep dan Aplikasi. CV. Pilar Nusantara, Semarang.
Isrok’atun & Amelia R. 2018. Model –Model Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT Bumi Aksara
Istiqomah. 2020. Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Di MI AlMunawwarah Kota Jambi. (Skripsi). UIN Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi.
Jalil, A., dan Siskawati, F.S. 2021 Analisis Kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas 7 MTS Darul Hidayah In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol 3, pp. 214-220)
Jalinus,N. & Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana, Jakarta.
Kaharuddin, Andi & Hajeniati, Nining. 2020. Pembelajaran Inovatif dan Variatif. Pusaka Almaida. Gowa.
Karlina, Hani. 2017. Penggunaan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama. E-Jurnal Literasi. 1 (1): 28-35.
Kasmadi & Sunariah, Nia Siti. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Alfabeta, Bandung.
Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Kemendikbud, Jakarta.
Kusuma, dkk. 2018. Keefektifan Model Examples Non Examples terhadap Hasil Belajar Materi Pengukuran Kelas III. Jurnal Mimbar Ilmu. 23 (2): 167-172.
Learning Materi Statistika SMP”. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, Vol. 2, No. 2: 199-217.
Maharani, Hevy Risqi. 2014. “Nilai-Nilai Karakter Dakan Pembelajaran Project Based
Majid, A., & Rochman, A. 2015. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Makki, M. Ismail & Aflahah. 2019. Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran. Duta Media Publishing, Pamekasan.
Mamik. 2015 Metodologi Kualitatif. Zifatama Publisher, Sidoarjo.
Martono, Koko, dkk. 2007. Matematika dan Kecakapan Hidup. Ganeca Exact, Jakarta.
Maulana, dkk. 2015. Ragam Model Pembelajaran di Sekolah Dasar. UPI Sumedang Press, Sumedang.
Muncarno & Astuti, N. 2018. Pengaruh Pendekatan RME terhadap Hasil Belajar Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 103-114.
Muncarno. 2017. Cara Mudah Belajar Statistik Pendidikan. Hamim Group, Metro.
Murniati, E. 2016. Penerapan Metode Project Based Learning dalam Pembelajaran. Universitas Kristen Indonesia.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Nurfadhillah, Septy, dkk. 2021. Media Pembelajaran. CV Jejak, Sukabumi.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).
Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327-333.
Octavia, Shilphy A. 2020. Model-model Pembelajaran. Deepublish Publisher, Sleman.
Pakpahan, A. F., dkk. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, Medan.
Prasetia, Fargil. 2016. Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM. 1 (2): 257-266
Purwono.J, dkk (2014). Penggunaan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), hal 127-144
Ramadianti, A. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 93-98.
Rifa’i, dkk. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNESPress.
Sani, Ridwan Abdullah. 2014.Pembelajaran SaintifikUntuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Saputro, O. A., & Rahayu, T. S. 2020. Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 185-193.
Shobirin. 2016. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Budi Utama.
Siyoto, Sandu & Sodik, Ali. 2015. Dasar Metodolgi Penelitian. Literasi Media Publishing, Sleman.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta, Jakarta.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sulistiasih. 2018. Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran SD. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Sunita, N. W., Mahendra, E., & Lesdyantari, E. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 20(1).
Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta. Kencana
Sutikno. 2014. Metode dan Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Syahputra, E. 2020. Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura.
Trygu. 2021. Teori Motivasi Abraham H. Maslow dan Implikasinya dalam Belajar Matematika. Guepedia, Depok.
Wahyuningsih, E. S. 2020. Model pembelajaran mastery learning upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Deepublish.
Wardani, D. K., Suyitno, S., & Wijayanti, A. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3).
Warsono, H., & Hariyanto, M. S. 2012. Pembelajaran aktif teori dan asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yaumi, M. 2018. Media dan teknologi pembelajaran. Prenada Media.
Zanthy, L. S. 2016. Pengaruh motivasi belajar ditinjau dari latar belakang pilihan jurusan terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa di stkip siliwangi bandung. TEOREMA: Teori dan Riset Matematika, 1(1), 47-54.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.