PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Ines Febrianti, Caswita Caswita, Tina Yunarti

Abstract


This research was a quasi experimental research that aimed to find out the influence of Missouri Mathematics Project towards students understanding of mathematical concepts. Missouri Mathematics Project is a learning model that designed to help students more easy to understand the material.  The population was all students of grade VIII of Junior High School State 2 Bangunrejo in academic years 2012/2013 that consist of 183 students and distributed into five classes.  The samples were students of VIII.A and VIII.D class that determined by purposive sampling technique.  The design was posttest only control group design.  Based on the research, it was concluded that Missouri Mathematics Project influences mathematical conceptual understanding of students of grade VIII of junior high school state 2 Bangunrejo in academic years 2012/2013 in planometry concepts.

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Missouri Mathematics Project terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Missouri Mathematics Project adalah suatu model pembelajaran yang didesain untuk membantu siswa lebih mudah memahami materi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangunrejo tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 183 siswa dan terdistribusi ke dalam lima kelas.  Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII.A dan VIII.D yang ditentukan dengan teknik purposive sampling.  Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh hasil bahwa Missouri Mathematics Project berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP 2 Bangunrejo tahun pelajaran 2012/2013 pada materi Bangun Ruang Sisi Datar.

Kata kunci: missouri mathematics project, model pembelajaran, pemahaman konsep matematis


Full Text:

PDF

References


Badan Penelitian dan Pengembangan. 2011. Survei Internasional TIMSS. [online]. Tersedia: dilitbang.kemdikbud.go.id/detail.php?id=214. (Diakses pada 27 Desember 2012).

Bathesta, Yovi dan Lussy Dwiutami Wahyuni. 2007. Rubrik: Asesmen Alternatif untuk Menilai Peserta Didik Secara Realtime dan Komprehensif. (Online). http://images.lussyssf.multiplycontent.com.attachmennt/0/ TtlmgooCGoAAEerawcl/makalahRubrik.pdf?key=lussysf:journal:639. (Diakses pada 6 Februari 2013).

Jannah, Miftakhul. 2013. Penggunaan Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) Mampu Meningkatkan Pemahaman Siswa. (Online). http://eprints.uns.ac.id/3382/1/671-3305-1-PB.pdf: journal Vol. 1 No. 1 Maret 2013. (Diakses pada 20 Oktober 2013).

Mullis, Ina V.S. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. [Online]. Tersedia :http://timssandpirls.bc.edu/timss2011/downloads/T11_IR_Mathematics_FullBook.pdf. (Diakses pada 13 Februari 2013).

Ruseffendi. 2005. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

_________. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.