EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Kaheppi Ade Chandra, Rini Asnawati, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This was quasi experimental research which aimed to know the students’ mathematical conceptual comprehension who taught by Number Heads Together compared to conventional learning. The population in this research was all students of grade eighth of SMPN 1 Gadingrejo in academic year 2012/2013 that distributed into eight classes. The samples of this research were taken by purposive sampling technique. VIIID as the experimental class which taught by cooperative learning model of NHT type and VIIIC as the control class which taught by conventional learning. The conclusion of this research was the students’ mathematical conceptual comprehension who taught  by cooperative learning model of NHT type was as same as the students’ mathematical conceptual comprehension who taught by conventional learning.

Penelitian ini adalah eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe NHT dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Gadingrejo tahun pelajaran 2012/2013 yang terdistribusi ke dalam delapan kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VIIID sebagai kelas eksperimen yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol yang  mengikuti pembelajaran konvensional. Kesimpulan penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe NHT sama dengan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Kata kunci: efektivitas, NHT, pemahaman konsep matematis


Full Text:

PDF

References


Badan Penelitian dan Pengembangan. 2011. Survei Internasional TIMSS. (online) balitbang.kemdikbud.go.id/detail.php?id=214 (diakses 9 November 2012).

Ismail. 2002. Media Pembelajaran (Model-Model Pembelajaran). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Lie, A. 2008. Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiaswara.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Terjemahan oleh Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Sugiman. 2006. Soal Cerita Bagi Penggemar Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.