Desain Multimedia Berbasis Android pada Topik Koordinat Kartesius Menggunakan Aplikasi Scratch
Abstract
This study aims to describe the results of research on Scratch-based learning media design on the subject of point position to the origin (0,0) and a certain point (a,b). The method used is the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) development model in six phases, namely concept, design, material collection, assembly, testing and distribution. In addition, to determine student responsses to the learning media that has been designed, a questionnaire through Google Form is used. The research participants were students of mathematics education study program in one of the universities in West Java. Based on the results of the study, it is known that the mathematics learning media related to the position of the point can be designed well through the MDLC stage development model and students' responsses to the learning media that have been designed are positive. Therefore, other research is needed regarding Scratch game design on various other topics.
Keywords: android; MDLC; Multimedia; Scratch
Abstrak
Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian mengenai desain media belajar berbasis Scratch pada pokok bahasan posisi titik terhadap titik asal (0, 0) dan titik tertentu (a, b). Metode yang digunakan yaitu model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dalam enam fase yaitu concept, design, material collection, assembly, testing dan distribution. Selain itu, untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran yang telah dirancang, digunakan kuesioner melalui Google Form. Partisipan penelitian yaitu 12 mahasiswa program studi Pendidikan matematika di salah satu universitas di Jawa Barat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa media pembelajaran matematika terkait posisi titik dapat dirancang dengan baik melalui model pengembangan tahap MDLC dan respon siswa terhadap media pembelajaran yang telah dirancang adalah positif. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lanjutan mengenai desain game Scratch pada berbagai topik yang lainnya.
Kata Kunci: android; MDLC; Multimedia; Scratch
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
aulia, syarah. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN SCRATCH DENGAN METODE COMPUTATIONAL THINKING PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 7 MANDAU.
Chasannudin, A., Nuraini, L., & Luthfiya, N. A. (2022). Pelatihan Aplikasi Scratch Untuk Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking Pada Guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1. https://doi.org/10.35878/kifah
Ghufron, S., Hartatik, S., Mariati, P., & Ruliansyah, A. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Guru Sekolah Dasar Dalam Pembuatan Media Interaktif Berbasis Digital Aplikasi Scratch. Indonesia Berdaya, 4, 19–28.
Intana, N. M., Hardyanto, W., Akhlis, I., & Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika Berbasis Scratch pada Pokok Bahasan Hukum Oersted. UPEJ, 7(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Khaeroni, K., & Nopriyani, E. (2018). Analisis keslitan belajar siswa kelas 5 SD/MI pada pokok bahasan sistem koordinat. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 76–93. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a7.2018
Kustiati, T. (2022). Pengembangan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran IPA. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 10(1), 81–92. https://doi.org/10.30738/wd.v10i1.7894
Latip, A. (2022). Penerapan Model ADDIE dalam pengembangan multimedia pembelajaran berbasis literasi sains. DIKSAINS : Jurnal, 2(2).
Lestari, A., & Sudihartinih, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berjudul Game Learn with Adventure menggunakan Scratch. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika.
Muharni, L. P. J., Roza, Y., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., & Riau Jl Hr Subrantas Riau, U. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK Menggunakan Peta Wilayah Untuk Menfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cendekia:Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 148–163.
Mustika. (2018). Rancang bangun aplikasi sumsel museum berbasis mobile menggunakan metode pengembangan multimedia development life cycle(MDLC). Jurnal Mikrotik, 8(1).
Novita, G., & Rachmatin, D. (2021). Desain Media Pembelajaran Matematika Topik Luas Daerah Segitiga Menggunakan Aplikasi Scratch. Jurnal Cendekia:Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.643
Nuraeni, E., Muharram, M., & Fajrin, berliana. (2021). Desain Game Edukasi Sifat -sifat bangun datar segiempat. Journal of Elementary Education, 5. 10.32507/attadib.v5i2.962
Poobalan, N., Zaharudin, R., & Ting, V. Y. (2019). Penggunaan bahan multimedia interaktif 3D animasi ('scratch’) dalam kaedah pembelajaran teradun terhadap minat dan pencapaian murid Tahun 5 bagi mata pelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika Malaysia, 9(1).
Pratama, R. A., & Waskitoningtyas, R. S. (2020). Game Android “MENALAR” Berbasis Adobe Animation CC. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 617. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3027
Puji Astuti, R., & Oetami MTSN, W. (2019). Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Matematika Ditinjau dari Gender. Jurnal Nasional UMP.
Setiawan, W., Hakim, L. F. N., & Gerry Filiestianto, G. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Animasi pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4.
Sudihartinih, E., Wilujeng, S., & Rachmatin, D. (2021). Desain Media Pembelajaran Matematika Topik Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) Berbasis Aplikasi Sratch. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(4), 456–466. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i4.pp456-466
Sutikno, Susilo, & Hardiyanto, W. (n.d.). Pelatihan pemanfaat scratch sebgaai media pembelajaran. Jurnal Fisika.
Yulianisa, A., & Sudihartinih, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika materi perkalian aljabar berbasis aplikasi Scratch. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 10(2), 142–156. https://doi.org/10.23960/mtk/v10i2.pp142-156
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.