PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LITERASI DIGITAL MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR

Santy Setiawati, M. Coesamin

Abstract


The background of this study is the problems that arise in online learning, such as the selection of online learning platforms and students learning independently through a learning management system. The purpose of this study is to explain how learning independence and digital literacy on student learning outcomes. This research was conducted using a quantitative approach. The subjects of this study were 40 students in mathematics education at Universitas Lampung who had taken the Trigonometry course. This research was conducted in the odd semester for the academic year 2022/2023. The instrument consisted of a non-test instrument in the form of a questionnaire learning independence and questionnaire digital literacy. Data analysis using multiple regression. The results of this study showed that learning independence and digital literacy influenced student learning outcomes, with an influence of 24.1%.

Keywords: digital literacy; learning independence; learning outcomes


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang muncul dalam pembelajaran daring, seperti pemilihan platform pembelajaran daring dan kemandirian belajar mahasiswa melalui platform pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan literasi digital terhadap hasil belajar mahasiswa. Pendekatan kuantitatif dilakukan pada penelitian ini. 40 mahasiswa S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lampung yang telah menempuh mata kuliah Trigonometri dijadikan subjek penelitian. Penelitian dilaksanakan pada tahun akademik 2022/2023 semester ganjil. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen non tes berupa angket kemandirian belajar dan angket literasi digital. Analisis data dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar dan literasi digital memberikan pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 24,1%.

Kata Kunci: hasil belajar matematika; kemandirian belajar; literasi digital

 

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v11i1.pp67-74

 


References


Anhusada, L.O. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, Vol.3, No.1, hal. 44-58.

Bawden, D. (2001). Information and Digital Literacies: A Review of Concepts, Journal of Documentation, 57(2), 218-259.

Bungsu, T.K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, Vol.1, No.2, hal. 382-389.

Cleopatra, M., Sahrazad, S. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Daring di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SMK di Kabupaten Bekasi). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol.8, No.6, hal.22-26.

Dewi, N., Asifa, S.N., Zanthy, L.S. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, Vol. 9, No.1, hal. 48-54.

Diniyah, A. N., Akbar, G. A. M., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran dan Self Confidence Siswa SMA dalam Materi Peluang. Journal on Education, 1(1), 14-21.

Herdiana, D., Rudiana, R., & Supriatna. (2021). Kejenuhan Mahasiswa dalam Mengikuti Perkuliahan Daring dan Strategi Penanggulangannya. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol.2, No.1.

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Johnson. (2009). Contextual Teaching & Learning, Menjadikan Kegiatan Belajar-mengajar dan Mengasyikan dan bermakna, Terj. Ibnu Setiawan. Bandung: Mizan Learning Center (MLC).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi pendukung literasi digital. Jakarta: Kemdikbud.

Law, N., Woo, D., & Wong, G. (2018). A Global Framework of Reference on Digital Literacy Skills for Indicator 4.4.2. Canada: UNESCO.

Ningtyas, P.W., Surjanti, J. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3, No. 4, Hal. 1660 – 1668.

Qudsiyah, M., & Nurhasanah, E. (2021). Pengaruh literasi digital terhadap Hasil Belajar Ekonomi di Era Pandemik Covid-19 Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan. PEKOBIS: Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, Vol.6, No. 2, Hal. 31-41.

Sahfitri, V., & Ulfa, M. (2015). Evaluasi Usability Sistem E-Learning sebagai Aplikasi Pendukung Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi Menggunakan USE Questionnaire. Jurnal Ilmiah MATRIK, 17(1), 53-66.

Setyowati, P., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Pengantar Akuntansi, Literasi Digital, Dan Self-Regulated Learning Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Akuntansi Keuangan Berbasis Daring. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 1-9.

Sojanah, J., & Kencana, N. P. (2021). Motivasi dan kemandirian belajar sebagai faktor determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 6(2), 214-224.

Susilowati, E. (2020). Bagaimana Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid 19 melalui Grup WhatsApp?. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol. 5, No.3.

Sutrisna, I.P.G. (2020). Gerakan Literasi Digital pada Masa Pandemi Covid-19. Statistika, Vol.8, No.2, hal. 268-283.

Waryanto, N. H. (2006). Online Learning sebagai salah satu Inovasi Pembelajaran. Jurnal Phitagoras, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.