Analisis Literasi Matematika pada Materi Statistika dan Peluang di Salah Satu SMP Negeri di Yogyakarta
Abstract
This study aims to analyze the mathematical literacy of class VIII students in one of the public junior high schools in Yogyakarta in the matter of statistics and probability in terms of the problem-solving process. This type of research was qualitative descriptive research. The subjects of this study were students of class VIII, which consisted of 40 students. The object of this research was the ability of mathematical literacy in statistics and probability. The mathematical literacy test instrument consists of 3 questions, with each question having three sub-questions. Each of the sub-questions will measure the ability of students with the level of knowing, applying, and reasoning. This study uses interview instruments compiled based on the problem-solving process according to Polya. The results of this study indicated that the mathematical literacy of students in one of the public junior high schools in Yogyakarta is low with an average of 33. The average student's ability when solving questions was still at the knowing level. Students with low abilities had difficulty understanding the problems in the questions.
Keywords: mathematical literacy; problem solving; statistics and probability
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi matematika siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Yogyakarta pada materi statistika dan peluang ditinjau dari proses pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 40 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan literasi matematika pada materi statistika dan peluang. Instrumen tes literasi matematika terdiri dari 3 soal, dengan tiap soal terdapat tiga sub pertanyaan. Masing-masing dari sub pertanyaan akan mengukur kemampuan siswa dengan level knowing, applying, dan reasoning. Penelitian ini menggunakan instrumen wawancara yang disusun berdasarkan proses pemecahan masalah menurut Polya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Yogyakarta tergolong rendah, dengan rata-rata sebesar 33. Kemampuan rata-rata yang dimiliki oleh siswa saat menyelesaikan soal masih dalam level knowing. Siswa dengan kemampuan rendah sulit untuk memahami masalah yang ada di soal.
Kata Kunci: literasi matematika; pemecahan masalah; statistika dan peluang
DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v11i2.pp104-118
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Alfiandari, L., Alman, A., & Sahidi, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Langkah- Langkah Polya Materi Bangun Ruang Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.2082
Amelia, I., Pendidikan Matematika, J., & Sultan Ageng Tirtayasa, U. (2020). Identifikasi Proses Penyelesaian Soal Literasi Matematika Siswa Kelas IX pada Konten Peluang dan Data. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika P-ISSN, 04(01), 331–345.
Andiani, D., Hajizah, M. N., & Dahlan, J. A. (2021). Analisis rancangan assesmen kompetensi minimum (AKM) numerasi program merdeka belajar. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 80–90.
Astuti, W. R., Noerhasmalina, N., & Khasanah, B. A. (2021). Faktor Penyebab Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Peluang. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(4), 413–426. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i4.pp413-426
Ezra Putranda Setiawan. (2021). Literasi Statistika dalam Kurikulum Matematika Sekolah Dasar(SD) 2004-2020: Tinjauan Historis dan Pengembangannya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1). https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1915
Fauziah, F. A., & Astutik, E. P. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1086
Fazzilah, E., Effendi, K. N. S., & Marlina, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Uncertainty dan Data. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.306
Hasanah, M., & Hakim, T. F. L. (2021). Analisis Kebijakan Pemerintah Pada Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) Sebagai Bentuk Perubahan Ujian Nasional (UN). Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(3). https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i3.344
Junengsih, J., & Sutirna, S. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal pada materi Eksponen. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 28–32. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.303
Kemendikbud. (2017). Gerakan Literasi Nasional (Materi Pendukung Literasi Numerasi). Dalam Gerakan Literasi Nasional (Vol. 3).
Khusnul Khotimah, & M Farid Nasrulloh. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa dengan Gaya Belajar Sekuensial dalam Menyelesaikan Masalah Statistika. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 3(2). https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v3i2.33
Kraeng, Y. F. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Statistika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 5(1). https://doi.org/10.32505/qalasadi.v5i1.2366
Mahdiansyah, M., & Rahmawati, R. (2014). Literasi matematika siswa pendidikan menengah: Analisis menggunakan desain tes internasional dengan konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 452–469. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.158
Mardatillah, M. E. P., Febrilia, B. R. A., & Abidin, Z. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Soal Statistika Berstandar Ujian Nasional. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.30656/gauss.v4i1.2501
Mediyani, D., & Mahtuum, Z. A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika pada Siswa SMP Kelas VIII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4). https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.385-384
Mutia, M., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP pada Soal Serupa PISA Konten Uncertainty and Data. Prosiding Sesiomadika, 2(1a).
Nurani, M., Mahfud, M. S., Agustin, R. L., & Kananda, H. V. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMA Ditinjau dari Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(4), 336–347. https://doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp336-347
Oktaviyanthi, R., & Agus, R. N. (2019). Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Kategori Proses Literasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2). https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.7066.163-184
Polya, G. (1973). How to solve it: A New Aspect of Mathematical Method (Nomor 246). Princeton University Press.
Pratiwi, R., & Hidayati, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMK Berdasarkan Tahapan Polya. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1978
Rifai, & Wutsqa, D. U. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2). https://doi.org/10.21831/jpms.v4i1.10111
Samosir, E. (2022). Kemampuan Literasi Matematika: Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1). https://doi.org/10.21009/jrpmj.v4i1.23026
Sari, R. H. N. (2015). Literasi matematika: apa, mengapa dan bagaimana. Seminar Nasional matematika dan pendidikan matematika UNY, 8, 713–720.
Sutrisno, U., & Adirakasiwi, A. G. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis pada Soal Berorientasi PISA Konten Uncertainty and Data Berdasarkan Jenis Kelamin. Sesiomadika.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.