Analisis Soal dalam Buku Teks Matematika SMP Indonesia, Malaysia, dan Singapura pada Materi Segitiga dan Segiempat
Abstract
This research aims to analyze exercise questions of the triangular and quadrilateral topic in the mathematics textbooks of Indonesian, Malaysian and Singapore (one book from each country) based on the procedure to solve the questions (single or multiple procedures) and the situational dimensions in the questions. The method to analyze the exercise questions is content analysis with the documentation technique to collect data. The results show that the exercise questions in a textbook from Malaysia have the largest percentage with a single procedure (68.97%). Whereas a textbook from Singapore has the largest percentage of questions with multiple procedures (48%). According to the contextual dimension, the textbook from Singapore has pure mathematics questions with the largest percentage (94.67%). Meanwhile, a textbook from Indonesia has the largest percentage (but only 8.87%) for questions that are illustrative described in stories and pictures. Further, the textbook from Indonesia has varied representations than the others have, namely manipulative representations 8.87%, tables 5.91%, images 51.47%, and models 17.15%. Questions requiring the use of technology are only found in the textbook from Malaysia with a percentage of 0.86%.
Keywords: analysis of questions; indonesian; malaysian; mathematics; singapore; textbooks
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan soal-soal latihan pada materi segitiga dan segiempat pada buku teks matematika Indonesia, Malaysia, dan Singapore (masing-masing satu buku dari tiap negara) ditinjau dari prosedur penyelesaiannya (tunggal atau ganda) dan situasi kontekstualnya (matematika murni, ilustratif, penggunaan representasi, atau penggunaan teknologi). Metode yang digunakan adalah metode analisis isi dengan pengumpulan data dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah soal-soal latihan materi segitiga dan segiempat pada buku teks dari Malaysia memiliki presentase soal dengan prosedur tunggal terbesar yaitu 68,97% dan buku teks dari Singapura memiliki presentase soal dengan prosedur ganda terbesar yaitu 48%. Pada dimensi kontekstual, buku teks matematika dari Singapura memiliki soal konteks matematika murni dengan persentase terbesar yaitu 94,67%, dan buku teks matematika dari Indonesia memiliki dimensi situasi kontekstual ilustratif berupa gambar atau cerita dengan persentase terbesar yaitu 8,87%. Buku teks Matematika dari Indonesia merupakan buku yang menggunakan representasi paling bervariasi yaitu representasi manipulatif 8,87%, tabel 5,91%, gambar 51,47%, dan model 17,15%. Soal dengan konteks yang membutuhkan penggunaan teknologi hanya terdapat pada buku teks matematika dari Malaysia, yaitu dengan presentase hanya sebesar 0,86%.
Kata Kunci: analisis soal; buku; indonesia; malaysia; matematika; singapura
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
As’ari, Abdur Rahman, Mohammad Tohir, Erik Valentino, Zainul Imron,
A., dan & Taufiq, I. (2017). Matematika Kelas VIII SMP/MTs Semester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitabang, Kemendikbud.
Cahyono, B., & Adilah, N. (2016). Analisis Soal dalam Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester I Berdasarkan Dimensi Kognitif dari TIMSS. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 86–98. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.86-98
Farahhadi, S. D., & Wardono. (2019). Representasi Matematis dalam Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 606–610. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/issue/view/1445
Huat, O. S., Yeoh, Y. K., & How, N. S. (2016). Mathematics Form 1. Johor Baru: Pelangi.
İncİkabi, L., & Tjoe, H. (2013). A Comparative Analysis of Ratio and Proportion Problems inTurkish and the U.S. Middle School Mathematics Textbooks. Ahi Evran Universitesi Kursehir Egitim Fakultesi Dergisi. 14(1). 1–15. https://dergipark.org.tr/en/pub/kefad/issue/59473/854629
Indhirasti, A., Safrudiannur, & Dimpudus, A. (2023). Tren penelitian analisis buku matematika tingkat Sekolah Menengah Pertama di jurnal-jurnal Indonesia tahun 2018-2021. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 57-68.
Jukić Matić, L., & Glasnović Gracin, D. (2016). Das Schulbuch als Artefakt in der Klasse: Eine Studie vor dem Hintergrund des soziodidaktischen Tetraeders. Journal Fur Mathematik-Didaktik, 37(2), 349–374. https://doi.org/10.1007/s13138-016-0091-7
Julia, A., Safrudiannur, & Watulingas, J. R. (2022). Analisis soal-soal latihan dalam buku teks Matematika SMP Indonesia, Malaysia, dan Singapura pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn), 5(2), 593-609.
Kinanti, L. P., & Sudirman, S. (2018). Analisis Kelayakan Isi Materi dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Negeri di Kota Bandung. Sosietas, 7(1), 341–345. https://doi.org/10.17509/sosietas.v7i1.10347
Neuendorf, K. A. (2002). The content analysis handbook. In Thousand oaks. California: Sage Publications.
Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Depok: Prenadamedia Grup.
Safrudiannur, Hidayat, R., & Wan Idris, W. A. (2021). Pre-service Teachers’ Beliefs about Technology Use in Learning Mathematics: The Comparison between two universities in Indonesia and Malaysia. Universitas Riau International Conference on Education Technology (URICET), pp. 363-367, doi: 10.1109/URICET53378.2021.9865675.
Safrudiannur. (2022). Perbandingan Konten Matematika dalam Kurikulum dan Konten Matematika dalam Soal-Soal PISA. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 8(2), 73-81.
Safrudiannur & Rott, B. (2022). The different mathematics performances in PISA 2012 and a curricula comparison: enriching the comparison by an analysis of the role of problem solving in intended learning processes. Mathematics Education Research Journal, 31(2), 175-195.
Su’udiah, F., Nyoman, I., Degeng, S., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan, 1(9), 1744–1748.
Suharyono, E., & Rosnawati, R. (2020). Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika SMP ditinjau dari Literasi Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 451–462. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.819
Syarifah, L. L., Yenni, Y., & Dewi, W. K. (2020). Analisis Soal-Soal pada Buku Ajar Matematika Siswa Kelas XI Ditinjau dari Aspek Kognitif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1259–1272. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.335
Taqiyuddin, M. (2020). Analisis Buku Matematika Kurikulum 1975 dan Kurikulum 2013. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 7(1), 26–36. https://doi.org/10.53717/idealmathedu.v7i1.169
Yeo, D. J., Seng, T. K., Chow, I., Meng, N. C., & Law, J. (2017). New Syllabus Mathematics Normal (Academic) 1. Singapura: Shinglee.
Yenusi, T., Mumu, J., & Tanujaya, B. (2019). Analisis Soal Latihan pada Buku Paket Matematika SMA yang Bersesuaian dengan Higher Order Thinking Skill. Journal of Honai Math, 2(1), 53–64. https://doi.org/10.30862/jhm.v2i1.58
Zulfa, Z., & Husnita, L. (2015). Analisis Kelengkapan Materi Buku Teks Sejarah Kelas Xi yang Dipakai di Sekolah-Sekolah SMA di Kota Padang (Buku Erlangga, Platinum, Bumi Aksara, Dan Yudistrira). Jurnal Pelangi, 7(2), 137–153. https://doi.org/10.22202/jp.v7i2.196
Zulnaidi, H., Oktavika, E., & Hidayat, R. (2020). Effect of use of GeoGebra on achievement of high school mathematics students. Education and Information Technologies, 25 (1), no. 1, 51–72, 2020, doi: 10.1007/s10639-019-09899-y.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.