EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TIPE GI DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
This quasi experimental research aimed to investigate the effectiveness of learning process through group investigation model viewed by students’ activity and mathematics achievement. GI is model of learning which gives students a chance to identificate, plan, do and make advisory of investigation. One group posttest only design was used in this research. The population of this research was grade 8th students of SMPN 1 Seputih Banyak which distributed into seven classes and students was chosen as the sample of the research by purposive random. The datas of students’ activity and mathematics achievement were obtained by observation sheet and test. The datas were analyzed by proportion test. This research concluded that group investigation model was effective to implement in mathematics learning viewed by activity and mathematics achievement.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan model Group Investigation (GI) ditinjau dari aktivitas dan hasil belajar matematika. GI adalah model pembelajaran yang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi, merencanakan, melakukan dan membuat laporan investigasi. Desain penelitian adalah one group posttest only. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seputih Banyak yang terdistribusi dalam tujuh rombongan belajar dan diperoleh kelas VIII-A sebagai sampel yang diambil secara purposive random. Pengambilan data penelitian berupa data aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menggunakan lembar observasi dan instrumen tes. Data dianalisis menggunakan uji proporsi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model Group Investigation efektif diterapkan pada pembelajaran matematika ditinjau dari aktivitas dan hasil belajar matematika.
Kata kunci: aktivitas, efektivitas, group investigation, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Badan Penelitian dan Pengembangan. 2007. Prestasi Belajar Indonesia [on line] tersedia:http://litbangkemdiknas.net/detail.php?id=214 [31 Januari 2012]
Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Lie, Anita. 2008. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
OECD. 2010. PISA 2009 Results: What Students Know and Can Do, Student Performance In Reading, Mathematics And Science, Volume I.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.