EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BANGUNAN BERSEJARAH BILIK PADI DAN JIROK KERINCI
Abstract
Culture and mathematics are very closely related, one of which is jirok and pondok padi. In the jirok and pondok padi there are many mathematical elements. Apart from having elements of mathematics, this also has something to do with history so that not only mathematics but history is also found in jirok and pondok padi. This study aims to explore relics that have been almost forgotten among young people and also introduce mathematical elements such as geometry which can be seen in the jirok and rice chamber buildings. The research method used in this study uses descriptive descriptive research. Sources of data in this study using data from interviews, observations, documentation and literature review. In interviews involving village heads for the 2013-2019 period and traditional leaders who took place in the village of Koto Bento, the number of research subjects was 2 people. The results of the study describe that in the jirok and pondok padi there are mathematical elements that have never been exported and are known by the public, including the concept of rectangular flat shapes, isosceles triangles, triangles, long squares, squares, and cylinders.
Keywords: ancestral heritage; ethnomathematics; rice chambers
Abstrak
Budaya dan matematika sangat erat kaitannya salah satunya jirok dan bilik padi.pada jirok dan bilik padi terdapat banyak sekali unsur matematika. Selain memiliki unsur matematika hal tersebut juga ada kaitannya dengan sejarah sehingga tidak hanya matematika saja akan tetapi sejarah juga terdapat pada jirok dan bilik padi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasikan peninggalan-peninggalan yang sudah hampir terlupakan dikalangan anak muda dan juga mengenalkan unsur-unsur matematika seperti geometri yang bisa dilihat pada bangunan jirok dan bilik padi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini menggunakan data hasil wawancara, observasi, dokumentasi dan kajian literature. Pada kegiatan wawancara melibatkan Kepala Desa periode 2013-2019 dan tokoh adat yang bertempat di desa koto bento, dengan jumlah subjek penelitian yaitu 2 orang. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa dalam jirok dan bilik padi terdapat unsur matematika yang belum pernah diekspor dan diketahui oleh masyarakat diantaranya konsep bangun datar persegi panjang, segitiga sama kaki, segitiga, persegi panjang, persegi, dan tabung
Kata Kunci: bilik padi; etnomatematika; peninggalan leluhur
DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v11i1.pp54-66
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustini, N. K. A., Leton, S. I., & Fernandez, A. J. (2019). Studi Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Larantuka. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1), 27–32. Https://Doi.Org/10.30822/Asimtot.V1i1.95
Dahlan, J. A.. (2018). Integrasi Budaya Masyarakat Dalam Pembelajaran Matematika: Contoh Dalam Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 18(1), 15–31.
Fadilah, D. N., & Afriansyah, E. A. (2021). Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Online. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 395-408.
Hasanah, A. U., et al. “Studi Etnomatematika Artefak Peninggalan Di Taman Purbakala Cipari Kuningan.” Jurnal Kongruen, vol. 1, no. 2, 2022, pp. 157–74, https://publikasi.unsil.ac.id/index.php/kongruen/article/view/207%0Ahttps://publikasi.unsil.ac.id/index.php/kongruen/article/download/207/125.
Kurino, Yeni Dwi, and Rahman. “Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Panjalin Pada Materi Konsep Dasar Geometri Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas, vol. 8, no. 1, 2022, pp. 268–75.
Lubis, S. I., Mujib, A., & Siregar, H. (2018). Eksplorasi Etnomatematika Pada Alat Musik Gordang Sambilan. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 1. Https://Doi.Org/10.32939/Ejrpm.V1i2.246
Luritawaty, I. P. (2019). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Take and Give. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 239-248.
Maharani, A., & Maulidia, S. (2018). Etnomatematika Dalam Rumah Adat Panjalin. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 224. Https://Doi.Org/10.30738/Wa.V2i2.3183
Nurkamilah, P., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Bilangan Berpangkat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 49-60.
Nova, Icmi Santry, and Aan Putra. “Eksplorasi Etnomatematika Pada Cerita Rakyat.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 1, 2022, pp. 67–76, https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1497.
Pratami, R. K. V. M., Pratiwi, D. D., & Muhassin, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantu Adobe Flash Melalui Etnomatematika Pada Rumah Adat Lampung. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 125. Https://Doi.Org/10.25217/Numerical.V2i2.293
Putra, A., & Andriani, M. (2021). Systematic Literature Review : Media Video Blog ( Vlog ) on Learning Systematic Literature Review : Media Video Blog ( Vlog ) pada Pembelajaran. 3(1), 111–121.
Rani, V. (2018). Etnomatematika Pada Candi Ratu Boko Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Realistik. In Prosiding Seminar Nasional. (Ed.), Etnomatematika Pada Candi Ratu Boko Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Realistik. (p. 1). UST Jogja. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmpd/article/viewFile/2998/1746
Sari, N. “Eksplorasi Etnomatematika Pada Bangunan Bersejarah Istana Maimun Di Medan.” … Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial Dan …, vol. 1, 2022, pp. 1–12, https://jurnal.semnaspssh.com/index.php/pssh/article/view/115%0Ahttps://jurnal.semnaspssh.com/index.php/pssh/article/download/115/68.Sari, L. K., & Madio, S. S. (2021). Kesulitan Belajar Matematika Siswa melalui Pembelajaran Jarak Jauh. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 409-420.
Trandililing, P. (2015). Etnomatematika Toraja (Eksplorasi Geometri Budaya Toraja). Jurnal Imiah Matematika Dan Pembelajarannya, 1(2), 47–57.
Zulaekhoh, D., & Hakim, A. R. (2021). Analisis Kajian Etnomatematika Pada Pembelajaran Matematika Merujuk Budaya Jawa. Jpt: Jurnal Pendidikan Tematik, 216–226. Https://Siducat.Org/Index.Php/Jpt/Article/View/289
Refbacks
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.