ANALISIS KEMAMPUAN MEMAHAMI SUMBU AFINITAS MENGGUNAKAN MAGIC STRAWS PADA MATERI IRISAN BIDANG PADA BANGUN RUANG

Destia Wahyu Hidayati, Arie Wahyuni

Abstract


Learning material about plane slices in geometric shapes has prerequisite material for the affinity axis. An understanding of the affinity axis can be done with the help of magic straws. The purpose of this study is to provide alternative media to provide an understanding of the affinity axis for students who are constrained by limited computer equipment or computer equipment that is not qualified to install application programs that support learning. This research is a qualitative research. The instruments of this study were observation sheets on the ability to understand the affinity axis and interview guidelines for using magic straws in understanding the affinity axis. Data analysis technique is using data analysis techniques Miles and Huberman. The use of magic straws affects students' abilities regarding the affinity axis, the abilities obtained are students understanding 1) the concept of points that are in a plane, 2) to get an affinity axis, two points that are in a plane that can be connected, 3) a point can be connected with a point of yield an extension of the rib that is still in line with that point, the 4 affinity axes are not only on the base plane, but can also be on the top plane. There are several things that need to be considered, namely 1) selecting straight/not curved pipes when making cubes, 2) using cable ties to mark dots on the ribs so they don't interfere with the student's point of view, 3) when pulling two dots use mattress thread tightly/not loosely, 4) when you have obtained a plane section in the geometric shape, shade the section by connecting it using a mattress thread to the inside of the plane.

Keywords: affinity axis; magic straws; plane slices in geometric shapes

 

Abstrak

Pembelajaran materi irisan bidang pada bangun ruang mempunyai materi prasyarat sumbu afinitas. Pemahaman tentang sumbu afinitas dapat dilakukan dengan bantuan media magic straws. Tujuan penelitian ini adalah memberikan alternatif media untuk memberikan pemahaman terkait sumbu afintas pada mahasiswa yang terkendala keterbatasan perangkat komputer atau perangkat computer yang dimiliki tidak mumpuni untuk diinstal program aplikasi yang mendukung pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Instrumen dari penelitian ini adalah lembar observasi kemampuan memahami sumbu afinitas dan pedoman wawancara penggunaan magic straws dalam memahami sumbu afinitas. Teknik analisis data yaitu menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Penggunaan magic straws mempengaruhi kemampuan mahasiswa terkait sumbu afinitas, kemampuan yang didapatkan adalah  mahasiswa memahami 1) konsep titik-titik yang sebidang, 2) untuk mendapatkan sumbu afinitas, dua buah titik yang sebidang yang bisa dihubungkan, 3) sebuah titik bisa dihubungkan dengan titik hasil perpanjangan dari rusuk yang masih sebidang dengan titik tersebut, 4 sumbu afinitas tidak hanya berada pada bidang alas, tetapi juga bisa di bidang atas. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu 1) pemilihan pipa yang lurus/tidak melengkung saat membuat kubus, 2) penggunaan kabel ties untuk penanda titik pada rusuk dapat dipotong agar tidak mengganggu sudut pandang mahasiswa, 3) saat menarik dua buah titik menggunakan benang kasur usahakan dengan kencang/tidak kendur, 4) ketika sudah memperoleh bagian irisan bidang pada bangun ruang, arsirlah bidang irisan tersebut dengan menghubungkan menggunakan benang kasur sampai ke dalam bidang tersebut.

Kata Kunci: irisan bidang pada bangun ruang; magic straws; sumbu afinitas

 

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v10i4.pp365-374

 


References


Alawiyah, T., Kartini, & Siregar, S. N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Materi Lingkaran Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Siswa SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(4), 373–385. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v9i4.pp373-385

Amaliyah, A., Faujiah, A. N., Habsah, D., Suhaibah, E., & Zahra, Z. (2022). ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT ANALYSIS OF THE USE OF LEARNING MEDIA ON STUDENT ’ INTEREST IN. Renjana Pendidikan Dasar, 2(3), 191–195.

Dewi, M. L., Hakim, A. R., Setiawan, A., Adhisuwignjo, S., & Rohadi, E. (2018). Mathematics teaching Aids to improve the students abstraction on Geometry in Civil Engineering of State Polytechnic Malang. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 434(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/434/1/012004

Elisa, R. (2016). PENINGKATAN MINAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SDN 21 MELIAU. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(1), 2014. https://doi.org/10.26418/jppk.v3i1.4367

Fifko, H. (2017). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Media Dekak Multifungsi Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 215–221.

Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan Media Visual Dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1), 89–99. https://doi.org/10.21831/jpji.v3i1.6176

Kuwatno, Noerhasmalina, & Khasanah, B. A. (2022). Pengembangan Media Papan Permainan Matematika (Paper Math). Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 93–105.

Magdalena, I., FatakhatusShodikoh, A., & Pebrianti, A. R. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/edisi.v3i2.1373

Nurak, Y. (2020). Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Irisan Bidang dengan Bangun Ruang pada Siswa Kelas X-A SMA Negeri 8 Kupang. 1(2), 100–109.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Somantri, L. (2021). PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IRISAN BIDANG MIRING DENGAN BANGUN RUANG PADA SISWA SMP NEGERI 1 SUKASARI. Jurnal Sportive, 6(1), 406–421.

Sugiyati. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, 1(2), 227–241. https://doi.org/10.22202/jl.2021.v8i1.5314

Suhady, W., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Identifikasi Kesalahan Konseptual Dan Prosedural Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 494–504. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.143

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra, 5(2), 1–11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.