ANALISIS SOAL UJIAN MATEMATIKA BERKATEGORI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA SMP DENGAN ANALISIS RASCH MODEL
Abstract
Destination of this research is to determine the process and results of developing mathematical questions categorized as Higher Order Thinking Skills (HOTS) for the test. These types of research are Research and Development. The product developed is the Higher Order Thinking Skills (HOTS) Categorized Mathematics Exam for Junior High School Students. The trial sample was taken using a non probability sampling technique, namely accidental sampling. Research Procedure The development that will be carried out in this study is taken from the Suryabrata development research procedure. This study uses Rasch model data analysis techniques. The results obtained 18 items of HOTS mathematics test items consisting of 15 multiple choice questions and 3 valid essay items. Based on the analysis of the level of difficulty of the questions in the field trial trials obtained on multiple choice questions, there are eight easy category items and seven medium category items. In essay questions, there are one easy category items and two medium category items.
Keywords: exam questions; hots; rasch model
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui Proses dan hasil pengembangan soal matematika yang berkategori Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk ujian. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan. Produk yang dikembangkan adalah Soal Ujian Matematika Berkategori Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMP. Pengambilan sampel uji coba dilakukan dengan teknik non probability sampling yaitu accidental sampling. Prosedur Penelitian pengembangan yang akan dilakukan pada penelitian ini diambil dari prosedur penelitian pengembangan Suryabrata. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Rasch model. Hasil penelitian diperoleh 18 butir soal ujian matematika berkategori HOTS yang terdiri dari 15 butir soal pilihan ganda dan 3 butir soal essay yang valid. Berdasarkan analisis tingkat kesukaran soal dalam uji coba uji lapangan diperoleh pada soal pilihan ganda terdapat delapan butir soal kategori mudah dan tujuh butir soal kategori sedang. Pada soal essay terdapat satu butir soal kategori mudah dan dua butir soal kategori sedang.
Kata Kunci: hots; rasch model; soal ujian
DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v10i4.pp375-391
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
Aji, B. S., Winarno, M. E. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian.
Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 7, Bln Juli, Thn 2016, Hal 1449-1463.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for learning,
teaching, and assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of
Educational Objectives. New York, NY: Addison Wesley Longman.
Arifin, Z., & Retnawati, H. (2018). Pengembangan instrumen pengukur
higher order thinking skills matematika siswa SMA kelas X.
https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/14058/0
Arikunto. (2013). Membuktikan Validitas Instrumen. http://aynatimtoni.
blogspot.com/2015/10/membuktikan-validitas-instrumen_88.html.
Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Education Objectives: The
Classification of Educational Goals. London: Ann Arbor, MI:
Penayang Addison Wesley.
Budiman. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order
Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas
VIII Semester 1. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article
/view/2671/0
Dinni. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya Dengan
Kemampuan Literasi Matematika.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19597
Fajriyatun., & Saliman. (2018). Media Stupa Merah Putih Bermagnet
untuk Meningkatkan HOTS dan Hasil Belajar Dalam Penguatan
Pendidikan Karakter. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar.
https://ojsdikdas.kemdikbud.go.id/index.php/didaktika.DOI:10.26811/did
aktika 319-340
Goethals, P. L. (2013). The persuit of higher-order thinking in the
mathematics classroom: A review. West Point, NY: Centre for
Faculty Excellence, United States Military Academy.
I Gede Eka Saputra.(2021).PengaruhGame Edukasi Adventure
Berbantuan Online Hots Test Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis
Siswa. DOI: https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.301. 715-736.
Jailani., & Sugiman. (2018). Desain Pembelajaran Matematika Untuk
Melatihkan Higher Order Thinking Skills. UNY PRESS. Yogyakarta. 3.
Juniarta, Winarno. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian. Jurnal
Pendidikan, Vol.1, No. 8, Bln Agustus, Thn 2016, Hal 1659-1664.
Lazwardi. (2017). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan di Tingkat
Sekolah Dasar dan Menengah. http://ejournal.radenintan.ac.id/
indexs.php/idaroh.
NCTM. (2017). Principles and standard for school mathematics. Reston,
VA: The National Council of Teacher Mathematics, Inc.
Purnomo, S. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Konten
Space and Shape untuk Mengetahui Level Kemampuan Berpikir
Tingkat Tinggi Berdasarkan Analisis Model Rasch. Tesis Program
Studi Magister Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Jember.
Rosidin, Undang. (2017). Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran.
Yogyakarta: Media Akademi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.