ANALISIS SOAL UJIAN MATEMATIKA BERKATEGORI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA SMP DENGAN ANALISIS RASCH MODEL

Ernawati Ernawati

Abstract


Destination of this research is to determine the process and results of developing mathematical questions categorized as Higher Order Thinking Skills (HOTS) for the test.  These types of research are Research and Development.  The product developed is the Higher Order Thinking Skills (HOTS) Categorized Mathematics Exam for Junior High School Students. The trial sample was taken using a non probability sampling technique, namely accidental sampling.  Research Procedure The development that will be carried out in this study is taken from the Suryabrata development research procedure. This study uses Rasch model data analysis techniques.  The results obtained 18 items of HOTS mathematics test items consisting of 15 multiple choice questions and 3 valid essay items.  Based on the analysis of the level of difficulty of the questions in the field trial trials obtained on multiple choice questions, there are eight easy category items and seven medium category items.  In essay questions, there are one easy category items and two medium category items.

Keywords: exam questions; hots; rasch model

 

 

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui Proses dan hasil pengembangan soal matematika yang berkategori Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk ujian.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan. Produk yang dikembangkan adalah Soal Ujian Matematika Berkategori Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMP. Pengambilan sampel uji coba dilakukan dengan teknik non probability  sampling yaitu accidental sampling.  Prosedur Penelitian pengembangan yang akan dilakukan pada penelitian ini diambil dari prosedur penelitian pengembangan Suryabrata. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Rasch model.  Hasil penelitian diperoleh 18 butir soal ujian matematika berkategori HOTS yang terdiri dari 15 butir soal pilihan ganda dan 3 butir soal essay yang valid.  Berdasarkan analisis tingkat kesukaran soal dalam uji coba uji lapangan diperoleh pada soal pilihan ganda terdapat delapan butir soal kategori mudah dan tujuh butir soal kategori sedang.  Pada soal essay terdapat satu butir soal kategori mudah dan dua butir soal kategori sedang.

Kata Kunci: hots; rasch model; soal ujian

 

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v10i4.pp375-391

 

 


References


Aji, B. S., Winarno, M. E. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian.

Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 7, Bln Juli, Thn 2016, Hal 1449-1463.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for learning,

teaching, and assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of

Educational Objectives. New York, NY: Addison Wesley Longman.

Arifin, Z., & Retnawati, H. (2018). Pengembangan instrumen pengukur

higher order thinking skills matematika siswa SMA kelas X.

https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/14058/0

Arikunto. (2013). Membuktikan Validitas Instrumen. http://aynatimtoni.

blogspot.com/2015/10/membuktikan-validitas-instrumen_88.html.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of Education Objectives: The

Classification of Educational Goals. London: Ann Arbor, MI:

Penayang Addison Wesley.

Budiman. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order

Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas

VIII Semester 1. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article

/view/2671/0

Dinni. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya Dengan

Kemampuan Literasi Matematika.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19597

Fajriyatun., & Saliman. (2018). Media Stupa Merah Putih Bermagnet

untuk Meningkatkan HOTS dan Hasil Belajar Dalam Penguatan

Pendidikan Karakter. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar.

https://ojsdikdas.kemdikbud.go.id/index.php/didaktika.DOI:10.26811/did

aktika 319-340

Goethals, P. L. (2013). The persuit of higher-order thinking in the

mathematics classroom: A review. West Point, NY: Centre for

Faculty Excellence, United States Military Academy.

I Gede Eka Saputra.(2021).PengaruhGame Edukasi Adventure

Berbantuan Online Hots Test Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis

Siswa. DOI: https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.301. 715-736.

Jailani., & Sugiman. (2018). Desain Pembelajaran Matematika Untuk

Melatihkan Higher Order Thinking Skills. UNY PRESS. Yogyakarta. 3.

Juniarta, Winarno. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian. Jurnal

Pendidikan, Vol.1, No. 8, Bln Agustus, Thn 2016, Hal 1659-1664.

Lazwardi. (2017). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan di Tingkat

Sekolah Dasar dan Menengah. http://ejournal.radenintan.ac.id/

indexs.php/idaroh.

NCTM. (2017). Principles and standard for school mathematics. Reston,

VA: The National Council of Teacher Mathematics, Inc.

Purnomo, S. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Konten

Space and Shape untuk Mengetahui Level Kemampuan Berpikir

Tingkat Tinggi Berdasarkan Analisis Model Rasch. Tesis Program

Studi Magister Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu

Pendidikan Universitas Jember.

Rosidin, Undang. (2017). Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran.

Yogyakarta: Media Akademi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.