PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET

Reni Susanti, Sudarman Sudarman, Ira Vahlia

Abstract


The purpose of this research is to develop and produce ethnomathematical-based tutorial videos on valid and practical sequences and series material. The model used in this development is the ADDIE model with the stages: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. At the Implementation stage in this study, researchers only focused on producing products that were valid and practical. The data collection instruments in this study were in the form of a validation questionnaire by experts and a practicality questionnaire by students. The validity of the product that has been developed is seen from the results of validation by experts consisting of 2 competent material experts and 2 competent media experts with a percentage of 81% which is included in the very feasible category. The level of practicality of the product that has been developed is obtained from the results of student response questionnaires. Respondents from this study were 10 students of class XI SMA Negeri 2 Tegineneng with a final result percentage of 87% and included in the very practical category. From the results of the assessment, it can be stated that the resulting product meets the criteria of being feasible and practical.

 

Keywords: development; ethnomathematics; sequence and series; video tutorials

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan video tutorial berbasis etnomatematika pada materi barisan dan deret yang valid dan praktis. Model yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu model ADDIE dengan tahapannya yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Pada tahapan Implementation di dalam penelitian ini tidak dilakukan, peneliti hanya fokus untuk menghasilkan produk hingga valid dan praktis. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket validasi oleh ahli dan angket kepraktisan oleh peserta didik. Kevalidan produk yang telah dikembangkan ini dilihat dari hasil validasi oleh ahli yang terdiri dari 2 ahli materi yang berkompeten dan 2 ahli media yang berkompeten dengan jumlah presentase sebesar 81% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Tingkat kepraktisan produk yang telah dikembangkan ini diperoleh dari hasil angket respon peserta didik. Responden dari penelitian ini yaitu 10 peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Tegineneng dengan memperoleh hasil akhir persentase sebesar 87% dan termasuk dalam kategori sangat praktis. Dari hasil penilaian tersebut, dapat dinyatakan bahwa produk yang dihasilkan memenuhi kriteria layak dan praktis.

Kata Kunci: barisan dan deret; etnomatematika; pengembangan; video tutorial

 

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v10i4.pp392-404


References


Arwanto. 2017. Eksplorasi Etnomatematika Batik Trusmi Cirebon Untuk Mengungkap Nilai Filosofi Dan Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 40-4. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.1.1493

Batubara, H. H. dan Ariani, D. N. 2016. Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47-66. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.741

Batubara, H. H. dan Batubara, D. S. 2020. Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Virus Corona. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 74-84. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950

Branch, R. M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Fitriyah, D. N., Santoso, H., dan Suryadinata, N. (2018). Bahan Ajar Transformasi Geometri Berbasis Discovery Learning Melalui Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Elemen, 4(2), 145-158. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.705

Hariastuti, R. M. 2017. Permainan Tebak-Tebakan Buah Manggis : Sebuah Inovasi Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 25-35. https://doi.org/10.26594/jmpm.v2i1.776

Hendriyani, Y., dkk. 2018. Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 11(2), 85-88.

Irawan, A. dan Kencanawaty, G. 2017. Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 74-81.

Istiqlal, A. 2018. Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Dan Mengajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan dan Pegurusan Sekolah, 3(2), 139-144.

Jannah, H. N. 2019. Etnomatematika : Batik Khas Kediri Sebagai Media Pembelajaran Matematika Barisan Dan Deret Aritmatika. Prosiding Semdikjar, 3(1), 440-446.

Kusnadi, H. K., Hidayat, A., dan Mariam, P. 2018. Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 4(1), 1-8.

Mahmuda, S. N., dkk. 2019. Analisis Penggunaan Media Video Pembelajaran Etnomatematika Tari Jejer Gandrung Kembang Menur Sebagai Hasil Belajar Siswa. Saintifika, 21(2), 48-66.

Purwanti, R. D., dkk. 2016. Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115-122. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.131

Sirate, S. F. S. 2015. Menggagas Integrasi Multikultur Pembelajaran Matematika : Suatu Telaah Etnomatematika. Auladuna, 2(2), 246-263.

Zayyadi, M. 2017. Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. Sigma, 2(2), 35-40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.