PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI DIMENSI TIGA

Fitri Umardiyah, Ade Ilud Nabila

Abstract


The purpose of this research is to develop a valid, practical, and effective Flash Card learning media for use in learning mathematics, especially in Three Dimensional material. This type of research is Research and Development (RnD) with the ADDIE model. ADDIE consists of analys, design, development, implementation, and evaluation. The developed media passed three tests, namely validity, practicality, and effectiveness tests. The instruments used in this study were validation questionnaires, student response questionnaires, and tests. The research was conducted at MA Al-Azhar Jombang which involved two classes with a total of 52 students. The results showed that the Flash Card learning media met the validity test with a score of 94% (very feasible) by mathematics lecturers and 87% (very feasible) by mathematics teachers. In addition, Flash Card learning media also improves student learning outcomes as evidenced by a sig. (2-tailed) value of 0.000 which indicates that there is a difference or influence in the use of media because the magnitude of the test results is < the set significance value level of 0.05. The use of Flash Card learning media also received a positive response from students as indicated by the large average number of assessments for each student response questionnaire point of 85.53%.

 Keywords: critical thinking skill; flash card media for learning; three dimensions

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Flash Card yang valid, praktis serta efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika terutama pada materi Dimensi Tiga. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (RnD) dengan model ADDIE. Model ADDIE terdiri atas kegiatan analisis, desain. pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media yang dikembangkan melewati tiga pengujian yaitu uji kevalidan, kepraktisan dan uji keefektivan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi, angket respon siswa, dan tes. Penelitian dilaksanakan di MA Al-Azhar Jombang yang melibatkan dua kelas dengan jumlah total 52 siswa . Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Flash Card memenuhi uji kevalidan dengan nilai 94% (sangat layak) oleh dosen matematika dan 87% (sangat layak) oleh guru mtematika. Selain itu, media pembelajaran Flash Card juga meningkatkan kemampuan kritis siswa yang dibuktikan dengan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan atau pengaruh penggunaan media sebab besarnya hasil uji tersebut < taraf nilai signifikansi yang ditetapkan yaitu 0,05. Penggunaan media pembelajaran Flash Card juga mendapat respon positif dari siswa yang ditunjukkan dengan besarnya jumlah rata-rata dari penilaian tiap poin angket respon siswa sebesar 85,53%.

Kata Kunci: berpikir kritis; dimensi tiga; media pembelajaran flash card



DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v10i4.pp351-364



References


Ardiansyah, H. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstroming terhadap Kemampuan Berpikir Kritis berdasarkan Kemampuan Awal Peserta Didik. Indonesian Journal of Economics Education, 1(1), 31–42. https://doi.org/10.17509/jurnal

Azhima, I., Meilanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan Media Flashcard untuk Mengenalkan Matematika Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2008–2016. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1091

Ayuningrum, L., Kusuma, A. P., & Rahmawati, N. K. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemahaman Belajar serta Penyelesaian Masalah Ruang Dimensi Tiga. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(1), 135-142.

Cycle, R. L. (2018). 梁冠华 1 , 鞠玉梅 2 ( 1. 7(3), 48–53.

Diani, R., Saregar, A., & Ifana, A. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 147–155. https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1310

Fernandes, R. (2019). Relevansi Kurikulum 2013 dengan kebutuhan Peserta didik di Era Revolusi 4.0. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 70. https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.157

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

Ginting, D. R. (2020). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Giving Question and Getting Answer Terhadap Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar IPA di Kelas IV MIN 26 Aceh Besar. 3(1), 7994–8004. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Januar, dkk. (2017). Pengembangan Media Flashcard Pada Materi Phytagoras. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 4.

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16.

Maulidah, R., Satianingsih, R., & Yustitia, V. (2021). Implementasi Media Flash Card: Studi Eksperimental Untuk Keterampilan Berhitung Siswa. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 7–14. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.963

Putra, R. W., Sari, L. P., Meirina, R., Nursyam, Y., Hamzaini, H., & Zaidi, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Musik Digital Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3604–3611. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2732

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1–95.

Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734

Wijayanto, R., & Sutriyono, S. (2018). Pengembangan Media Flashcard Pada Materi Pythagoras Bagi Siswa Kelas Viii Smp. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 71. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.284

Zubaidah, S. (2010). Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Sains 2010 dengan Tema “Optimalisasi Sains untuk Memberdayakan Manusia. Surabaya: Unesa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.