KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH HOTS LEVEL EVALUASI
Abstract
This research aims to describe students' mathematical connection abilities, which can be seen from their problem-solving abilities when solving HOTS-level evaluation problems. This study uses a qualitative descriptive research method with the research subjects of class VIII G SMPN 1 Plosoklaten, Kediri, East Java, involving 30 students. Data were collected through the provision of mathematical connection tests and interviews. The test instrument consists of three questions that meet the indicators of mathematical connection. The results showed that students who had high problem-solving abilities, each problem solving were able to connect mathematical concepts, mathematics with other fields, and mathematics with everyday life. Students with moderate problem-solving abilities can solve all three of the HOTS-level evaluations related to mathematical connections, but have not been able to connect with other concepts. Students with low problem-solving abilities are less able to solve the three HOTS level evaluation questions related to mathematical connections, do not carry out the first stage, and every problem solving between concept does not connect between mathematical and other concepts, but every problem solving can connect with everyday life.
Keywords: HOTS level evaluation; mathematical connection; problem solving
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah ketika dalam memecahkan masalah HOTS level evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripsi kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII G SMPN 1 Plosoklaten Kab. Kediri Jawa Timur, berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui tes koneksi matematis dan wawancara. Instrumen tes terdiri dari tiga soal yang memenuhi indikator koneksi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan pemecahan masalah tinggi, setiap tahapan pemecahan masalah mampu mengkoneksikan antar konsep matematika, matematika dengan bidang lain, dan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Siswa berkemampuan pemecahan masalah sedang mampu memecahkan ketiga soal HOTS level evaluasi yang berkaitan dengan koneksi matematis, namun kurang mampu mengkoneksikan dengan konsep bidang lain. Siswa berkemampuan pemecahan masalah rendah kurang mampu memecahkan ketiga soal HOTS level evaluasi yang berkaitan dengan koneksi matematis, tidak melaksanakan tahap memeriksa kembali dan setiap tahapan pemecahan masalah kurang mengkoneksikan antar konsep matematika maupun bidang lain, namun setiap tahapan pemecahan masalah mampu mengkoneksikan dengan kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: HOTS level evaluasi; koneksi matematis; pemecahan masalah
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
’Azizah, D. N., Hidayanto, E., & Sisworo. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Polya. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 256–267.
Ali, F. A., Murni, V., & Jelatu, S. (2018). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Meyelesaikan Masalah Matematis Bermuatan HOTS Ditinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis. Journal of Songke Math, 1(2), 32–46.
Aspuri, & Pujiastuti, H. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita : Studi Kasus di SMP Negeri 3 Cibadak. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(2), 124–131.
Budiarta, K., Harahap, M. H., & Mailani, E. (2018). Potret Implementasi Pembelajaran Berbasis High Order Thinking Skills ( HOTS ) di Sekolah Dasar Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 6(2), 102–111.
Fahrudhin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20.
Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi dan Koneksi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 43–72.
Hodiyanto. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemampuan Koneksi Matematis dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(2), 208–218.
Kemendikbud. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Mafulah, J., & Amin, S. M. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 241–250.
Meylinda, D., & Surya, E. (2017). Kemampuan Koneksi dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. VA.
Ni’mah, A. F., Setiawani, S., & Oktavianingtyas, E. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas IX A MTs Negeri 1 Jember Subpokok Bahasan Kubus dan Balok. Jurnal Edukasi, IV(1), 30–33.
Prayitno, A. T. (2018). Proses Berpikir Mahasiswa dalam Membuat Koneksi Matematis pada Soal Pemecahan Masalah. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika, 4(1), 67–77.
Septiani, P. E., Sugiyanti, & Rubowo, M. R. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis Sedang. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(5), 381–387.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58–67.
Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. PRISMA 1, 1, 876–884.
Tama, D. A., & Setyadi, D. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Trigonometri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1536–1548.
Yuwono, T., Londar, E. G., & Suwanti, V. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pemecahan Masalah Segitiga. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5(2), 111–123.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.