PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI NUMERASI MELALUI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE (SSCS)

Dharul Jannah, Iis Holisin, Endang Suprapti

Abstract


This study aims to describe the improvement of students' critical thinking skills and numerical literacy through online learning based on Search, Solve, Create, and Share (SSCS). This type of research is classroom action research (CAR). The subjects of this study were students of class VIII E of SMP Negeri 1 Sumobito, as many as 32 students. The data collection techniques used observation, questionnaires, tests, and validations. The data analysis in this research used quantitative and qualitative data analysis, which is processed by using the percentage technique. The results of this study indicate that (1) after SSCS-based online learning from cycles I and II, the student's critical thinking and numerical literacy increased by 65.625%. (2) The activity of students in cycle I to cycle II on the indicators of students appreciating the results of other friends' presentations increased by 5%. Other activities also increased from cycle I to cycle II, including indicator one by 12.15%, indicator two by 6%, indicator three by 5%, indicator four by 16%, indicator five by 5.3%, and indicator seven by 14.5%. (3) The implementation of SSCS learning by teachers has increased from cycle I to cycle II by 11.5%.

Keywords: critical thinking; numerical literature; search, solve, create, share (sscs)

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan literasi numerasi peserta didik melalui pembelajaran daring berbasis Search, Solve, Create, Share (SSCS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini yakni peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 1 Sumobito sebanyak 32 peserta didik. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, angket dan tes. Instrumen yang digunakan lembar observasi, angket, dan tes. Data yang diperoleh diolah dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) setelah pembelajaran daring berbasis SSCS dari siklus I dan II kemampuan berpikir kritis dan literasi numerasi peserta didik meningkat sebesar 65,625%, yakni pada indikator menganalisis dan mensintesis persoalan matematika serta komunikasi matematis, mengenal dan memecahkan persoalan matematika serta merencanakan strategi untuk memecahkan masalah, menyimpulkan, penalaran, dan argumen (2) Aktivitas peserta didik pada siklus I hingga siklus II pada indikator peserta didik menghargai hasil presentasi teman mengalami peningkatan sebesar . Pada aktivitas yang lain juga mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus II, adalah pada indikator 1 sebesar , indikator 2 sebesar , indikator 3 sebesar , indikator 4 sebesar , indikator 5 sebesar , serta indikator 7 sebesar . (3) Keterlaksanaan pembelajaran SSCS yang dilakukan guru mengalami peningkatan sebesar .

Kata Kunci:  berpikir kritis; literasi numerasi; search, solve, create, share (SSCS)

 

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v10i3.pp259-274


References


Angkotasan, N. (2013). Model PBL dan Cooperative Learning Tipe TAI Ditinjau dari Aspek Kemampuan Berpikir Reflektif dan Pemecahan Masalah Matematis. PYTHAGORAS:Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 92–100. http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/8497

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi ) A . Pendahuluan kemampuan , sikap , dan bentuk-bentuk tingkah laku yang bernilai positif . Hal itu untuk pencipta . Pendidikan s. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218.

Cahyanovianty, A. D., & Wahidin. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. 05(02), 1439–1448.

Deli, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (Sscs) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vii-2 Smp Negeri 13 Pekanbaru. In Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 4, Issue 1, p. 71). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v4i1.2725

Erlistiasi, M., Syachruroji, A., & Andriana, E. (2020). Penerapan Model PembelajaranSSCS (Search, Solve, Create and Share)Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), 13(2), 161–168.

Hatari, N., Widiyatmoko, A., & Parmin. (2016). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Unnes Science Education Journal, 5(1), 1109–1115.

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Peranan Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(2), 110. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.669

Kemendikbud. (2015). Regulation of the Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia Number 23 of 2015 concerning Cultivation of Character. 1–8.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(9), 1–58.

Mulyasa. (2011). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Remaja Rosdakarya.

Novianti, A., Ningrum, E., & Ruhimat, M. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Search , Solve , Create , and. 1(September), 1–16.

Patta, R., Muin, A., & Mujahidah. (2021). Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif-Implusif. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 212–217.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.

Sudiarta, W., Diputra, G., Nayun, W., & Sutanaya, I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Secara Daring Di Masa Pandemi Covid -19 Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Suluh Pendidikan, 19(1), 29–44.

Syariah, N. S., Miliyawati, B., & Rohaendi, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dengan Penerapan Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) dan Mengurangi Kecemasan Matematis Siswa SMA. BIORMATIKA Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang, 4(2), 177–189.

Utomo, M. F. ., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif (Kreano), 11(2), 185–193. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25569 Received : August 5, 2020; Accepted: November 9, 2020; Published: December 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.