PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Abstract
This quasi experimental research aimed to know the influence of cooperative learning model of group investigation type towards students' mathematical communication skills. The research design was posttest only control group design. The population of this research was eighth grade students of junior high school 2 Pringsewu, while the sample of research were students of VIIIB and VIIIC class, which obtained by selecting two of nine classes using purposive sampling that were taught by the same teacher of mathematics and have equal average ability relatively. Based on the hypothesis test, it was gotten that the average of student’s mathematical communication skill of group investigation learning model was higher than conventional learning. The conclusion of this research was the group investigation learning model influences student’s mathematical communication skills.
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pringsewu, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIB dan VIIIC yang diperoleh dengan cara memilih dua dari sembilan kelas secara purposive sampling yaitu dengan mengambil kelas yang diajar oleh guru matematika yang sama dan memiliki kemampuan rata-rata yang relatif sama. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model Group Investigation lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Group Investigation berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Kata kunci: Group Investigation, komunikasi matematis, model pembelajaran kooperatif
Full Text:
PDFReferences
Ansari, Bansu I. 2004. Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematika Siswa SMU Melalui Strategi Think-Talk-Write. Disertasi. Bandung: UPI.
BSNP. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2007 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Pasal 1 Ayat 1. Jakarta: Depdiknas.
Ihsan, Fuad. 2011. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kiranawati. 2007. Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation). http: //gurupkn.wordpress.com/ 20012/11/19/ metode-investigasi-kelompok-group-investigation/. (Diakses tgl 19 November 2012).
Winataputra, Udin. S. 2001. Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.