PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEKNIK PROBING PROMPTING DI KELAS XI IPA 1 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PALEMBANG
Abstract
Abstract
This research is a Classroom Action Research, which aims to determine the improvement of mathematics learning outcomes using the probing prompting technique with 41 students of class XI IPA 1 students of SMAN 2 Palembang, in the even semester of the 2017/2018 academic year, using function derivative materials. This research consists of two cycles which include the stages of planning, implementation, observation and reflection. Data collection is done by giving a test after the learning process in each cycle takes place. As supporting data, observations were made during the implementation of learning. The results show increase of learning outcomes of mathematics, namely in the first cycle the average class 65.9 increased in the second cycle to 78.8. Classical learning completeness with KKM set at 75%, in cycle 1 it has not been fulfilled, which is only 68.25% but in cycle 2 it becomes 85.0%. In addition, student learning activities during the learning process also increased from cycle 1 to cycle 2. This shows that the probing prompting technique can improve mathematics learning outcomes. This study recommends that the probing prompting technique is effective to be used as an alternative teaching technique in an effort to improve mathematics learning outcomes.
Keywords: mathematics; probing prompting technique; student learning outcomes
Abstrak
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui pembelajaran menggunakan teknik probing prompting dengan subjek penelitian 41 siswa kelas XI IPA 1 SMAN 2 Palembang pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan materi turunan fungsi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes setelah proses pembelajaran pada setiap siklus berlangsung. Sebagai data dukung dilakukan observasi pada waktu pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika, yaitu pada siklus 1 rata-rata kelas 65,9 meningkat pada siklus 2 menjadi 78,8. Ketuntasan belajar klasikal dengan KKM yang ditetapkan 75%, pada siklus 1 belum terpenuhi yaitu hanya 68,25% namun pada siklus 2 menjadi 85,0%. Disamping itu, aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran juga mengalami kenaikan dari siklus 1 ke siklus 2. Hal itu menunjukkan bahwa teknik probing prompting dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini merekomendasikan bahwa teknik probing prompting efektif untuk digunakan sebagai salah satu alternatif teknik mengajar dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Kata Kunci: hasil belajar siswa; matematika; teknik probing prompting
DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v10i2.pp220-230
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amiati, Lara. (2010). Penerapan Teknik Probing Prompting Terhadap Kecakapan Berpikir Siswa Pada Pembelajaran Matematikan di Kelas IX smp Negeri 10 Palembang. Skripsi. Palembang: Universitas Sriwijaya
Arikunto, S. (1997). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Echols & Shadily. (1996). Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia
Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: AV Publisher
Departemen Pendididikan Nasional. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang
Departemen Pendididikan Nasional. (2008). Panduan Analisis Butir Soal. Jakarta: Depdiknas
Djamarah, S.B. (2005). Guru dan anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikokogis. Jakarta: PT. Renika Cipta
Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hamzah. (2000). Pembelajaran Matematika I. Jakarta: Bumi Aksara
Hudoyo, H. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Dirjen Dikti.
Jacob, C. (2002). Matematika sebagai Komunikasi. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya, (8): 378-382
Kusnandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT.Raja Grapindo Persada
Marno, Idris M . (2008). Strategi Dan Metode Pengajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Nasution, S. (1986). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Bandung: Jemmars
Natawidjaya, R. (1997). Konsep Dasar Penelitian Tindakan (Action Research), Bandung: Institut Keguruan Dan Pendidikan, Depdikbud
Puspita, N. (2009). Efektifitas Belajar Mengajar Matematika dengan Teknik Probing http://www.jurnalkopertis4.org
Roestiyah, N.K. (1989). Didaktik Metodik. Bandung: Jemaars
Sabandar, J. (2009). Thinking Clssroom Dalam Pembelajaran Matemátika Di Sekolah. http://www.Math.Sps.spi,edu.
Septianingsih, I. (2009). Upaya Peningkatan Partisipasi Belajar Siswa Melalui Teknik Probing Prompting. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: FKIP UMS
Siroj, A. R. (2006). Teori-Teori Belajar Mengajar Matemátika. Materi Pelatihan Guru: Tidak diperdagangkan
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Staton, T. F. (Terjemahan). (1978). Cara Mengajar dengan Hasil yang Baik,Metodemetode Mengajar Moderen dalam Pendidikan Orang Dewasa. Bandung: Diponogoro.
Sudjana, N. (2001). Model-Model Mengajar CBSA. Bandung: Sinar Baru
Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: ICA – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Suparno, P. (1996). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius
Suryosubroto. (1997). Proses Belajar Mengajar Di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Ningsih, T. (2006). Upaya Peningkatan Partisipasi Siswa Melalui Pendekatan Peer Teaching (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII B SMP Muhammadiyah 10 Surakarta). Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: FKIP UMS
Usman, M. U. (2000). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Utari. (2003). Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah Disajikan pada Pelatihan Guru Matematika di STKIP Siliwangi Ciamis. Bandung: Tidak diterbitkan
Wijaya, M. (1999). Pendidikan Teknik Probing dan Pembelajaran Benda Tegar. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.