PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19

Supriyadi Supriyadi, Ika Wulandari Utamining Tias, Nelly Astuti, Dwi Yulianti

Abstract


The problem in this research was the low mathematics learning outcomes of fifth grade Elementary School in  Metro Timur.The purpose of this study was to determine the correlation of  use of WhatsApp social media with mathematic learning outcomes. This type of research is ex-post facto correlation. Sampling in this study used a probability sampling technique, namely propotionately stratified random sampling. The study population was 205 students and the research sample was 69 students. Data collection techniques using questionnaires, documentation study, and interview. Data analysis using product moment correlation. The results showed that there was a positive and significant relationship between use of WhatsApp social media with mathematics learning outcomes indicated by a correlation coefficient of 0.59 and a contribution of 34,81% at the "quite strong" level.

 

Keywords:  covid-19; mathematics learning outcomes; whatsapp

 

Abstrak

Permasalahan pada penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V Sekolah dasar. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk melihat hubungan pemakaian media sosial WhatsApp pada hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto korelasi. Penarikan sampel dalam penelitian ini memakai teknik probability sampling yaitu propotionated stratified random sampling. Populasi penelitian adalah 205 orang peserta didik dan sampel penelitian adalah 69 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data memakai angket, studi dokumentasi, dan wawancara. Analisis data memakai korelasi product moment. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa ada kaitan yang positif dan relevan antara pemakaian media sosial WhatsApp pada hasil belajar matematika yang diperlihatkan dengan koefisien korelasi sebanyak 0,59 dan kontribusi sebanyak 34,81% pada taraf “cukup kuat”.

 

Kata Kunci: covid-19; hasil belajar matematika; whatsapp

 

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v10i3.pp231-243

 


References


Irfan, dkk. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Sosial (Medsos) Secara Positif Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan. 9(3): 262-272.

Muncarno. 2017. Statistik Pendidikan. Lampung: Hamim Group.

Oebaidillah, S. 2020. Solusi Atasi Kendala Belajar Matematika Daring. https://m.mediaindonesia.com/nusantara/366448/solusi-atasi-kendala-belajar-matematika-secara-daring. Diakses pada 28 Februari 2020 Pukul 10:15 WIB.

Prameswari, Ligya Cherika. 2020. Hubungan Antara Penggunaan Media Sosial Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suwardi, D.R. 2012. Faktor-faktor Yang mempengaruhi Hasil belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Economic Education Analysis Journal . 1(2): 1-7.

Untung, S. 2020. WhatsApp Menjadi Tren Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi. https://jateng.kemenag.go.id/warta/artikel/detail/whatsapp-menjadi-tren-alternatif-media-pembelajaran-jarak-jauh-di-masa-pandemi. Diakses pada 18 Januari 2021 pukul 16:15 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.