PENGARUH MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH DASAR

Dhina Cahya Rohim

Abstract


Abstract

Distance learning that lasts a long time makes mathematics learning outcomes less than optimal so a strategy is needed to overcome this. One way that can be used is to apply the example non example model. This study aims to determine the effect of the non-example model on students' mathematics learning outcomes in elementary schools. This research method is a quasi-experimental research that contains two variables, namely the independent variable in the form of a non-example model and the dependent variable, namely learning outcomes. The population in this study was 67 students from the fifth grade students of SD Muhammadiyah 1 Kudus. Samples were taken randomly and was selected as the experimental class and the control class each with a total of 25 students. Data collection techniques using test. Data analysis was performed using t-test. The average value of the experimental class was 83.4 while the control class was 76.16. while the results of the hypothesis test showed that the value of sig(2-tailed) was 0.000 so that Ha was accepted. So it can be concluded that there is an effect of using a non-example model on students' mathematics learning outcomes.

 

Keywords:  example non example; learning model; math learning outcomes

 

Abstrak

Pembelajaran jarak jauh yang berlangsung cukup lama membuat hasil belajar matematika kurang maksimal sehingga diperlukan strategi untuk mengatasi hal tersebut. Salah cara yang dapat digunakan adalah dengan menerapkan model example non example. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model example non example terhadap hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang memuat dua variabel yaitu variabel bebas berupa model example non example dan variabel terikat yakni hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus yang berjumlah 67 siswa.  Sampel diambil secara acak sehingga terpilih kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol masing – masing sejumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata – rata kelas eksperimen sebesar 83.4 sedangkan kelas kontrol sebesar 76.16. sedangkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000 sehingga Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model example non example terhadap hasil belajar matematika siswa.

 

Kata Kunci: example non example; hasil belajar matematika; model pembelajaran

 

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v10i2.pp186-195


References


Amrianto, A., & Lufri, L. (2019). Effect of Example Non Example Method Implementation in Scientific Approach and Discovery Learning Model on VII Grade Students’ Cognitive Competence in Learning Natural Science. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 211–215. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012049

Dewi, N. N. P., Negara, I. G. A. O., & Suadnyana, I. N. (2014). Model Pembelajaran Examples Non-Examples Berbasis Lingkungan Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Kapten Japa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , FIP Universitas Pendidikan Ganesha. Journal MIMBAR PGSD Universitas, 2(1).

Eka Putri Nurindah Sari, & Hanin Niswatul Fauziah. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbasis Petak Umpet Gambar Terhadap Keterampilan Berpikir Kontekstual Siswa SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 17–22. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i1.65

Friska, Yuliantini, N., & Wurjinem. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non-Example Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV pada Gugus XIV Kota Bengkulu. Jurdikdas: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 43–51.

Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Nonexample Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pemesinan. Taman Vokasi, 6(1), 98. https://doi.org/10.30738/jtvok.v6i1.2866

Mandolang, E. (2016). Literasi Dalam Pendidikan di Era Digital Untuk Generasi Milenial Penerapan Model Pembelajaran Examples Non-Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SD GMIM Tempang Desa Tempang I Kecamatan Langowan Utara Kabupaten Minahasa dengan. 199–207.

Nur, A. S. (2021). Potret Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(1), 27–35. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss1pp27-35

Palendeng, F. G. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edu Primary Journal : Jurnal Pendidikan Dasar Vol, 2(2), 117–122.

Partono, P., Hamengkubuwono, H., & Fransiska, J. (2020). Model Example Non Example Dalam Pembelajaran Tajwid. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 23. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1336

Pranoto, H. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Vi B Semester 1 Sd Negeri Turitempel Tahun Pelajaran 2016/2017. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 7(1), 42–51. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v7i1.1765

Putri, L. M., & Ramadhan, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur A . Pendahuluan Keterampilan menulis adalah sebuah kemampuan membangun kalimat yang benar sesuai dengan tata bahasa sehingga maknanya da. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5, 13–30.

Ratnasari, L., & Atmazaki. (2020). The Influence Example Non Example Learning Models and Student Creativity on Writing Skills. 464(Psshers 2019), 84–87. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200824.022

Suryani, E., Ws, R., & Nugraha, A. (2018). PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Pengaruh Model Example Non Example terhadap Hasil Belajar pada Materi Sumber Daya Alam di SD. 5(1), 100–108.

Susanti, R. (2014). Pembelajaran model examples non examples berbantuan powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 123–127. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3110

Wardika, K., Sulastri, M., & Dibia, K. (2014). Pengaruh Model Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus III Kecamatan Tampaksiring. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.