PENGARUH SELF CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Ajeng Nandya Puspalita, Nurhanurawati Nurhanurawati, M. Coesamin

Abstract


Abstract

This research aims to determine the effect of self confidence on student’s mathematical problem solving abilities. The population in this research was all seventh grade students of SMP Swadhipa 1 Natar in the odd semester of the 2021/2022 academic year which were distributed in three classes, namely grades VIIA, VIIB and VIIC. The samples of this research were students of class VIIB and class VIIC who were selected by cluster random sampling technique with a total of 50 students. Research data taken in the form of quantitative data obtained from self-confidence questionnaires and tests of student’s mathematical problem solving abilities. Based on the results of hypothesis testing using linear regression analysis and correlation coefficient, it can be concluded that self-confidence has an effect on student’s mathematical problem solving abilities.

 

Keywords: effect; mathematical problem solving; self confidence

 

Abstrak

Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan masalah Matematis Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Swadhipa 1 Natar semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 yang terdistribusi pada tiga kelas yaitu kelas VIIA, VIIB dan  VIIC. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIB dan kelas VIIC yang dipilih dengan teknik cluster random sampling dengan jumlah siswa sebanyak 50 orang. Data penelitian yang diambil berupa data kuantitatif yang diperoleh dari angket self confidence dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier dan koefisien korelasi diperoleh kesimpulan bahwa self confidence berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

 

Kata kunci: pengaruh; kemampuan pemecahan masalah; self confidence.



DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v10i2.pp196-207


References


Atikasari, Fenty. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Analisis Nweman pada Pembelajaran PBL. Semarang: Universitas Negeri Semarang [online]. Tersedia: https://lib.unnes.ac.id/28849/1/4101411045.pdf

Dewi & Minarti. (2018). Hubungan Antara Self Confidence terhadap Matematika dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Lingkaran. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 7 No. 2. [online]. Tersedia: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv7n2_4/60

Fauziah, Rima. dkk. (2018). Hubungan Self Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif Volume 1 Nomor 5, IKIP Siliwangi. [online]. Tersedia: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/1967/282.

Hidayat, Wahyu & Ratna Sariningsih. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quontient Siswa SMP melalui Pembelajaaran Open Ended. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika Vol. 2 No. 1, Hal. 109-118. [online]. Tersedia: https://core.ac.uk/download/pdf/229998109.pdf

Husna, Ismil. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Memecahkan Soal Matematika Model PISA Konten Uncertainty And Data. Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika [online]. Tersedia: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/8813/30.%20Makalah%20Revisi_Ismil%20Husna.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Isnaini, Siti. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Metode Problem Solving pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 4 SD Negeri 2 bumiharjo Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro [online]. Tersedia: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2079/

Kasri. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Puzzle Siswa Kelas I SD. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual. Vol. 2 No. 3 [online]. Tersedia: journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/69/68

Lestari, Ratna. Noer, Sri Hastuti. & Gunowibowo, Pentatito. (2019). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Self Confidence. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, Vol. 7 No. 1 hlm. 37 [online]. Tersedia: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/17563

Mulyati, Tita. (2012). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Upi, Program Studi Pend. Matematika Sekolah Pascasarjana UPI Campus Cibiru [online]. Tersedia: https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/2807/1833

Mustika, Rekma., Yurniwati, & Hakim E.H. (2018). Hubungan Self Confidence dan Adversity Quotient Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Penelitian Pendidikan ISSN 1412-565 X [online]. Diakses 24 Desember 2021. Tersedia: https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/download/12964/7675.

Nurhayatun, Solihah. (2021). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto [online]. Tersedia:

http://repository.iainpurwokerto.ac.id/9197/1/SOLIHAH%20NURHAYATUN_PENGARUH%20KEPERCAYAAN%20DIRI%20TERHADAP%20KEMAMPUAN%20PEMECAHAN%20MASALAH%20MATEMATIKA%20SISWA%20KELAS%20VIII%20SMP%20PGRI%201%20AJIBARANG%20KABUPATEN%20BANYUMAS.pdf

Nurojab, Evi supriatna & Sari, Veny Triyana Andika. 2019. Hubungan Self Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif Vol. 2 No. 5, IKIP Siliwangi [online]. Tersedia: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/3280/1024

Rani, Wayan Widya. (2018). Efektivitas Model pembelajaran Penemuan Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi Universitas Lampung [online]. Tersedia: https://onesearch.id/Record/IOS4198.32589/Preview

Sudjana, Prof. Dr. (2016). Metode Stastistika. Bandung: PT. Tarsito Edisi ke tujuh.

Soesilo, Tritjahjo Danny. (2018). Penelitian Inferensial dalam Bidang Pendidikan. Satya Wacana University Press [online]. Tersedia: https://repository.uksw.edu/handle/123456789/19731

Widyanti, Tyas & Putra, Irdhan Epria Darma. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Seni Budaya di Kelas VII SMP Negeri 7 Padang. e-Jurnal Sendratasik Universitas Negeri Padang Vol. 9 No. 1 [online]. Tersedia: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/sendratasik/article/view/109379/103816


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.