EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Muhammad Sudirman, M. Coesamin, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This is quasi-experimental research with posttest only control group design that aimed to determine the effectiveness of STAD cooperative learning using audio-visual media towards students' mathematics achievement. The population was all students of X grade of SMA Negeri 15 Bandar Lampung with samples were all students of X1 and X2 class that were selected by purposive random sampling technique. Based on the analysis of data, it can be concluded that there was no difference students’  achievement between STAD cooperative learning using audio-visual media and conventional learning.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control group design yang bertujuan  untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pemanfaatan media audio visual terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung dengan sampel siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Berdasarkan analisis data dari pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan tidak ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pemanfaatan media audio visual dibandingkan pembelajaran konvensional. 

Kata kunci: audio visual, hasil belajar matematika, STAD

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2007. Undang- Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) Nomor 20 tahun 2003 dan Undang-Undang Guru dan Dosen UU RI Nomor 14 tahun 2005. Jakarta: Depdiknas.

Furchan, Arief. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Usaha Nasional: Surabaya.

Lie, Anita. 2008. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Soedjadi. 2005. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.