PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Abstract
This was quasi experimental research that aimed to investigate the influence of cooperative learning model of think pair share type towards student’s mathematical conceptual understanding. Posttest only control group design was used as the design of this research. The population of this research was all students of 8th grade of Junior High School State 7 Bandarlampung in academic year 2012/2013 except students of excellent class. The sample of this research were two class which chosen from eight class by purposive random sampling technique. Based on the result of this research, it can be concluded that cooperative learning model of think pair share type influences towards students’ mathematical conceptual understanding of 8th grade of Junior High School State 7 Bandarlampung in academic year 2012/2013.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 yang tidak berada pada kelas unggulan. Sampel penelitian dipilih dua kelas dari delapan kelas dengan teknik purposive random sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013.
Kata kunci: pemahaman konsep, pengaruh, TPS
Full Text:
PDFReferences
Lie, Anita. 2004. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Marpaung. 2010. Paradigma Pembelajaran. [on line]. Tersedia: http://p4mriusd.blogspot.com/2011_12_01_archive.html. (06 Mei 2013)
Mullis et al. 2012. Assessment Framework and Field Test Development. TIMSS 2011.
Noer, Sri Hastuti. 2010. Jurnal Pendidikan MIPA. Jurusan P.MIPA: Unila.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Edisi-keenam. Bandung: PT Tasito.
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tim Penyusun. 2006. Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) 2003. Jakarta: Sinar Grafika.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.