ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MASA PANDEMI COVID-19 PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDS TRI SUKSES

Amrina Izzatika, Rapani Rapani, Nelly Astuti, Erika Silviyana

Abstract


Abstract

The problem in this study is that students have difficulty learning mathematics during the Covid-19 pandemic. This study is aims to determine the factors of learning  difficulties in mathematics in fourth grade students of SDS Tri Sukses, with the limitation of the problem of factors of learning difficulties in mathematics and efforts to overcome difficulties in learning mathematics in grade IV students of SDS Tri Sukses. The research method in this study is a qualitative method with a descriptive approach. Data collection techniques with interviews, observation and documentation. The data in the analysis refers to the data of Miles and Hubberman with the following steps: data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that the factors that cause difficulty in learning mathematics come from internal factors, namely the health of students who are not optimal, negative attitudes in learning mathematics, student interest, and student motivation is still low. External factors include the use of teaching methods that are less varied, the lack of use of learning media, the relationship between educators and students who are less close and the family environment. Efforts made in overcoming difficulties in learning mathematics are teachers always provide motivation, provide contextual or real learning, increase interest in learning and help and guide students who have difficulty learning mathematics

Keywords: learning difficulties factors; mathematics; pandemic period Covid-19

 

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah peserta didik kesusahan belajar matematika dimasa mewabahnya Covid-19. Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui faktor kesusahan belajar matematika peserta didik kelas IV SDS Tri Sukses. Metode penelitian pada penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data di analisis mengacu pada data Miles dan Hubberman dengan langkah berikut: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pemicu kesusahan belajar matematika berasal dari faktor internal yaitu kesehatan peserta didik yang tidak optimal, sikap negatif dalam belajar matematika, minat peserta didik, dan motivasi peserta didik masih rendah. Faktor ekternal meliputi pemakaian metode mengajar yang kurang bervariasi, kurangnya pemakaian media pembelajaran, interaksi pendidik dan peserta didik yang kurang dekat serta lingkungan keluarga. Usaha untuk menaggualangi kesusahan belajar matematika ialah guru selalu memberikan motivasi, memberikan pembelajaran secara konstektual atau nyata, meningkatkan minat belajar, dan membantu serta mengajarkan siswa yang mengalami kesusahan belajar matematika.

Kata Kunci: faktor-faktor kesulitan belajar; masa pandemi Covid-19; matematika

 

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v10i2.pp128-141

 


References


Abdurrahman, M. 2013. Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Annisah, Siti dan Masfi’ah, Siti. 2021. Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid19 Meningkatkan Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. 1 (1) : 69.

Darjiani, Yuni. 2015. Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 3 (1) : 2-3.

Dilla, et al. 2020.Pembelajaran Matematika melalui Permainan Tradisional pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogika 12 (1) :70.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Martha, E., & Kresno, S. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press.

Prabandari, Kun Ajeng dan Mulyadi. 2019.Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri 4 Genengadal (Skrpsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Pramesty, Anggun. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas V SDN 5 Merak Batin Natar Lampung Selatan. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Putri Yani, Mega dan Juliandri, Panjaitan Dedy. 2021. Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika di masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Smp Negeri 1 Air Putih. 8 (2) : 227.

Raharjo, Ilham, et al. 2021. Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik.Journal for Lesson and Learning Studies. 4 (1) : 100.

Safitri, DM., Casmudi, dan Pratama, RA. 2019. Studi Kasus Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas I, II & III di SD Negeri 009 Balikpapan Selatan. Kompetensi Universitas Balikpapan. 12: 41.

Silvia, Tri Anggraeni, et al. 2020. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 1 (1) : 32.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tyas, Ni’mah Mulyaning. 2016. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar : Universitas Negeri Semarang.

Waskitoningtyas, RS. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 5: 25.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.