DESKRIPSI KEBUTUHAN PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN PLATFORM GATHER TOWN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Abstract
The purpose of this study was to describe the need for online learning using theplatform Gather Town to improve student mathematics learning outcomes. The type of research used is descriptive qualitative. The population in this study was class VIII SMP Negeri 3 Cisauk, while the sample was taken by purposive sampling technique, namely class VIII.4 and VIII.5 as many as 88 students. Data collection techniques in this study used interview techniques, questionnaires, and the results of the Semester Results Assessment (PAS). First, all students' mathematics learning outcomes are still above the KKM, but 43% of students fall into the category of low student learning outcomes. Second, the learning media used did not stimulate students to play an active role in learning mathematics. Third, 83% of students are interested in online learning using the gather town platform. This study concluded that online learning media using the gather town platform needs to be applied to improve students' mathematics learning outcomes.
Keywords: gather town; learning outcomes; online learning
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan pembelajaran daring menggunakan Platform Gather Town untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Cisauk, sedangkan sampelnya diambil dengan teknik Purposive Sampling yaitu kelas VIII.4 dan VIII.5 sebanyak 88 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, angket, dan nilai hasil Penilaian Hasil Semester (PAS). Penelitian ini memiliki beberapa hasil. Pertama, hasil belajar matematika siswa masih semuanya berada di atas KKM akan tetapi 43% siswa masuk dalam kategorisasi hasil belajar siswa yang rendah. Kedua, media pembelajaran yang digunakan kurang menstimulus siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran matematika. Ketiga, 83% siswa tertarik jika pembelajaran daring menggunakan Platform Gather Town. Penelitian ini disimpulkan bahwa media pembelajaran daring menggunakan Platform Gather Town perlu diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Kata Kunci: gather town; hasil belajar; pembelajaran daring
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amadea, K., & Ayuningtyas, M.D. (2020). Perbandingan efektivitas pembelajaran sinkronus dan asinkronus pada materi program linear. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman, 9(2), 111-120.
Anum, A., & Novalia. (2021). Peningkatan kualitas pendidikan siswa melalui bimbel bahasa Inggris gratis saat pandemi covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai, 2(1), 60-66.
Aqib, Z. (201). Profesionalisme guru dalam pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Bersin, J. (2004). The Blended Learning Book: Best Practices, Proven Methodologies, and Lessons Learned. San Francisco. CA: Pfeiffer
Ervianingsih., Astari, C., Zahran, I., Hurria., Mursyid, M., & Samsi, A.S. (2020). Pencegahan covid-19 dengan pembuatan dan pembagian hand sanitizer di Universitas Muhammadiyah Palopo. INDRA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 44-48.
Fahmi, M.H. (2020). Aplikasi synchronous dan asynchronous dalam e-learning pada masa pandemic covid-19. Jurnal Nomosleca, 6(2), 146-158.
Fitria, T.N. (2021). Creating sensation on learning in classroom: using ‘gather town’ platform video game-style for virtual classroom. Education and Human Development Journal, 6(2), 30-43.
Hamdani, A.R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas implementasi pembelajaran daring (full online) dimasa pandemi covid-19 pada jenjang sekolah dasar di kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1-9.
Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184-192.
Kamal, N.M.M., Hussin, Z., Sulaiman, A.M., Latib, N.N.A. (2021). Application of heutagogy in home-based learning use of m-learning. Journal of Islamic Educational Research, 7, 44-65.
Kasim, T.S.A.B., & Miasan, N.A.B. (2021). Pengaplikasian m-pembelajaran dalam situasi pandemik covid-19: konsep dan komponen. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities, 6(12), 268-276.
Kemendikbud. (2020). Dampak covid-19 bagi pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan Bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1). 99-110.
Kusumadewi, R.F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan kemandirian siswa selama pembelajaran daring sebagai dampak covid-19 di SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 7-13.
Mansyur, A.R. (2020). Dampak covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113-123.
McClure, C.D., & Williams, P.N. (2021). Gather town: an opprtunity for self-paced learning in a synchronous, distance-learning environment. Compass: Journal of Learning and Teaching, 14(2), 1-19.
Nadziroh, F. (2017). Analisa efektifitas sistem pembelajaran berbasis e-learning. Jurnal Ilmu Komputer dan Desain Komunikasi Visual (Jikdiskomvis). 2(1): 1-14.
Nurfaizah., Raharjo, S., & Saleh, H. (2021). Efektivitas pembelajaran matematika berbasis whatsapp ditinjau dari hasil belajar siswa (masa pandemi covid 19). Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 100-115.
Pratiwi, E.W. (2020). Dampak covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di sebuah perguruan tinggi kristen di Indonesia. Jurnal Prespektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1-8.
Rajiansyah., & Fajri, A. (2021). Implementasi metode SMART untuk penentuan plaform pembelajaran jarak jauh masa pandemi. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(4), 1447-1452.
Rosali, E.S. 2020. Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21-30.
Sa’id, M.S. (2021). Kurangnya motivasi belajar matematika selama pembelajaran daring di MAN 2 Kebumen. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 7-11.
Salsabila, U.H., Habiba, I.S., Amanah, I.L., Istiqomah, N.A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163-172.
Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Tanfiziyah, R., Khasanah, M., Riandi., & Supratno, B. (2021). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi informasi: model learning cycle 5E menggunakan gather town pada materi protista. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(3), 1-10.
Themeli, C., & Bougia, A. (2016). ‘Tele-proximity: Tele-community of Inquiry Model. Facial Cues for Social, Cognitive, and Teacher Presence in Distance Education. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 17(6), 145-163.
Thorne, K., (2003). Blended Learning: How to Integrate Online & Traditional Learning. London & Sterling. VA: Kogan Page Limited.
Tullis, J.G., & Benjamin, A.S. (2011) ‘On the effectiveness of self-paced learning.’ Journal of Memory and Language, 64(2), 109-118.
Zahrotunni’mah. (2020). Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona COVID-19 di Indonesia. Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i Vol. 7 No. 3 (2020), 247-260.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.