EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN STATISTIKA DENGAN METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Abstract
One of the causes of low learning outcomes is due to lecture activities that have not used appropriate learning methods. One alternative learning method that can be used in lectures related to arithmetic, such as statistics and mathematics, is by applying the Team Assisted Individualization method. The purpose of this study is to determine the differences in statistical learning outcomes between students who applied the Team Assisted Individualization learning method and those applied conventional learning methods and the effect of the learning methods used on statistical learning outcomes. The research method used is by conducting experiments on students of the Department of Sociology, FISIP UIN SGD Bandung, by taking samples of three classes, the experimental class namely the class that is given statistics learning with the Team Assisted Individualization method, the second class is using conventional methods with learning modules and class the third is using conventional learning methods (lecture method). Data were analyzed using multivariate analysis with MANOVA test and regression analysis using least square dummy variable method. The results show that there are differences in statistical learning outcomes between the three classes and there is an effect of the learning method applied, where the Teams Assisted Individualization method has a greater effect than other learning methods applied to the other two classes.
Keywords: effectiveness; learning outcomes; teams assisted individualization
Abstrak
Salah satu penyebab rendahnya hasil pembelajaran adalah dikarenakan dalam kegiatan perkuliahan yang belum menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dalam perkuliahan yang berkaitan dengan hitung menghitung, seperti statistika dan matematika, yaitu dengan menerapkan metode Team Assited Individualization. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar statistika antara mahasiswa yang diterapkan metode pembelajaran Team Assited Individualization dengan yang diterapkan metode pembelajaran konvensional serta pengaruh metode pembelajaran yang digunakan terhadap hasil belajar statistika. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan melakukan eksperimen pada mahasiswa Jurusan Sosiologi FISIP UIN SGD Bandung, dengan mengambil sampel sebanyak tiga kelas, kelas eksperimen yaitu kelas yang diberikan perkuliahan statistika dengan metode Team Assited Individualization, kelas kedua yaitu menggunakan metode konvensional disertai modul pembelajaran dan kelas ketiga yaitu menggunakan metode pembelajaran konvensional (metode ceramah). Data dianalisis dengan menggunakan analisis multivariat dengan uji MANOVA dan analisis regresi dengan metode least square dummy variable. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar statistika antara ketiga kelas tersebut dan terdapat pengaruh metode pembelajaran yang diterapkan, di mana pada kelas dengan metode Teams Assisted Individualization mempunyai pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan metode pembelajaran lainnya yang diterapkan pada kedua kelas yang lain.
Kata Kunci: efektifitas; hasil belajar; teams assisted individualization
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alsa, A. (2011). Pengaruh Metode Belajar Team Assited Individualization terhadap Prestasi Belajar Statistika pada Mahasiswa Psikologi. Jurnal Psikologi, 38(1), 82–91.
Fadillah, F. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Gujarati, D. N. (2013). Dasar-dasar Ekonometrika (R. . Mangunsong (ed.); 5th ed.). Salemba Empat.
Johnson, R. A., & Winchern, D. W. (2007). Applied Multivariat Statistical Analysis (sixth edition). Pearson Prentice Hall.
Huda, Miftahul. (2017). Cooperative Learning: Metode, teknik, struktur dan Model Penerapan. Surabaya: Pustaka Pelajar
Morrison, Donald F. (2005). Multivariate Statistical Methods. Fourth edition. USA: Brooks/Cole Thomson Learning.
Muzaro’ah, S. (2014). Fixed Effect Model dalam Menganalisis Faktor Lingkungan yang Mempengaruhi Kasus Diare pada Balita di Kota Bandung (Study di Dinas Kesehatan Kota Bandung). Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Unpad.
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rohendi, D., Sutarno, H., & Waryuman, D. R. (2010). Penerapan Metode Pembelajaran Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 33–37.
Setiawan, T. H. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran terhadap Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa (Eksperimen pada SMK Islam se-Kota Tangerang Selatan). Jurnal Saintika Unpam : Jurnal Sains Dan Matematika Unpam. https://doi.org/10.32493/jsmu.v1i1.1603
Slavin, Robert E. (2010). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sutrisno, S., & Wulandari, D. (2018). Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) untuk Memperkaya Hasil Penelitian Pendidikan. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2472
Tarim, K., & Akdeniz, F. (2008). The effects of cooperative learning on Turkish elementary students’ mathematics achievement and attitude towards mathematics using TAI and STAD methods. Educational Studies in Mathematics. https://doi.org/10.1007/s10649-007-9088-y
Warsono, & Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif, Teori dan Asesmen. PT. Remaja Rosdakarya.
Wati, Y. R., Utomo, S. B., & Redjeki, T. (2014). Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Media Komik terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon Kelas X SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2), 16–21.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.