KEPUASAN MAHASISWA KEDIRI TERHADAP PENGGUNAAN MODEL BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH STATISTIK SAAT PANDEMI COVID-19
Abstract
Abstract
The purpose of this study was to compare the level of student satisfaction with the use of the blended learning model as a learning media for course statistics during the Covid-19 pandemic for IAI Tribakti Kediri students with students from several Kediri private universities. This study uses a quantitative approach with comparative descriptive techniques. The subjects of this study were 130 students of IAI Tribakti Kediri with students from several Kediri private universities. The data collection technique in this study used a questionnaire. The data analysis technique in this study used descriptive analysis and independent sample t test. From the results of data analysis, the tcount value is 0.089 < 1.657 t5%: 128, this means that there is no difference in the level of student satisfaction with the use of the blended learning model as a learning medium for statistics courses during the Covid-19 pandemic at IAI Tribakti Kediri students and students from several universities. private Kediri. Where 58% of students showed a good response to the use of blended learning.
Keywords: blended learning; satisfaction; statistics
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penggunaan model Blended Learning sebagai media pembelajaran mata kuliah statsistika saat pandemi Covid-19 pada mahasiswa IAI Tribakti Kediri dengan mahasiswa beberapa perguruan tinggi swasta Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan teknik deskriptif komparatif. Subjek penelitian ini sebanyak 130 adalah mahasiswa IAI Tribakti Kediri dengan mahasiswa beberapa perguruan tinggi swasta Kediri. Teknik didalam pengumpulan data pada penelitian ini memakai kuisioner. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan independent sample t test. Dari hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar 0,089 < 1,657 t5%:128 hal ini berarti tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penggunaan model Blended Learning sebagai media pembelajaran mata kuliah statsistika saat pandemi Covid-19 pada mahasiswa IAI Tribakti Kediri dengan mahasiswa beberapa perguruan tinggi swasta Kediri. Dimana 58% mahasiswa menunjukkan respon yang baik terhadap penggunaan Blended Learning.
Kata Kunci: blended learning; kepuasan; statistika
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ali, M., Khaled Hossain, S. M., & Ahmed, T. (2018). Effectiveness of E-learning for university students: evidence from Bangladesh. Asian Journal of Empirical Research, 8(10), 352–360. https://doi.org/10.18488/journal.1007/2018.8.10/1007.10.352.360
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Sutau Pendekatan Praktik (Revisi ke). PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Revisi Ke). PT. Rineka Cipta.
Banggur, M. D. V., Situmorang, R., & Rusmono, R. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 152–165. https://doi.org/10.21009/JTP.V20I2.8629
Bonk, C. J. (2002). ONLINE TRAINING IN AN ONLINE WORLD “ONLINE TRAINING IN AN ONLINE WORLD.” http://www.publicationshare.com2.http//www.jonesknowledge.com3.http://www.CourseShare.com/reports.php
Darmawan, F. (2015). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pemanfaatan E-Learning (Studi Kasus: E-Learning IF UNPAS). Jurnal Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 7(4), 63–71. https://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1378
Dziuban, C., L, J., & D, P. (2004). Blended learning. Research Bulletin, 7(1). https://doi.org/10.4103/jcd.jcd_473_21
Gita Andriani, D., & Lestari, F. (2021). Pengembangan Modul Statistika Berbasis Software untuk Pembelajaran Jarak Jauh di Universitas Wahidiyah. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 2(2), 60–67. https://doi.org/10.53299/DIKSI.V2I2.114
Indris, R. A., Lhaura, L., Fc, V., Kom, M., & Toresa, D. (2020). ANALISA KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP BLENDED LEARNING DI UNIVERSITAS LANCANG KUNING. SEMASTER: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Ilmu Komputer, 1(1), 39–52. https://doi.org/10.31849/SEMASTER.V1I1.5490
Kadir, A. (2018). PENGARUH KOMPETENSI DOSEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS STATISTIKA MAHASISWA FTIK IAIN KENDARI. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(1), 1–15. https://doi.org/10.31332/AI.V13I1.886
Lalima, D., & Lata Dangwal, K. (2017). Blended Learning: An Innovative Approach. Universal Journal of Educational Research, 5(1), 129–136. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.050116
Paryanto, Hidayat, F., & Harjanto, C. T. (2020). Implementation of problem based learning to improve student learning achievement in turning machining lesson. Journal of Physics: Conference Series, 1446(1), 012007. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1446/1/012007
Suhartono. (2016). Menggagas Penerapan Pendekatan Blended Learning Di Sekolah Dasar. Buku Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru VIII 2016: Profesionalisme Guru Di Era Digital, 544–555. http://repository.ut.ac.id/6550/1/TING2016ST2-27.pdf
Sukmawati, R. A., Santana Purba, H., & Wiranda, N. (2017). Pengembangan Model Blended Learning Menggunakan Blogger. VIDYA KARYA, 32(2), 117–122.
Surono, S., & Hajanto, C. T. (2019). Pengembangan Paket Latihan dan Penilaian Berbantuan Komputer untuk Pembelajaran Alat Ukur Mekanik Presisi. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 4(2), 134–143. https://doi.org/10.21831/dinamika.v4i2.27399
Wang, Y.-S., Wang, H.-Y., & Shee, D. Y. (2007). Measuring e-learning systems success in an organizational context: Scale development and validation. Computers in Human Behavior, 23(4), 1792–1808. https://doi.org/10.1016/j.chb.2005.10.006
Yuliana, K. (2016). Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone Dan Mclean Untuk Evaluasi Sistem Informasi Pos Pada Pt. Pos Indonesia (Persero) Divisi Regional Vi Semarang. Infokom, 12(2), 13–23.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.