PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS BERBASIS SOAL PISA
Abstract
Abstract
This study aims to determine the relationship and influence of mathematics anxiety levels on students' mathematical reasoning abilities in solving PISA-based math problems. This research is quantitative research with the associative method. The population covered by this study were students of SMAN 1 Batam in the odd semester of the 2021/2022 academic year who came from a population that was normally distributed and homogeneous, with one class being selected as the research sample. The data collection technique used a mathematical anxiety questionnaire and mathematical reasoning ability test questions based on PISA questions. Furthermore, the data obtained were analyzed using correlation analysis techniques and simple linear regression tests. The results showed that there was a negative relationship between math anxiety and students' mathematical reasoning ability with a correlation of -0.178 and there was no significant effect between math anxiety on students' mathematical reasoning abilities in solving math problems based on PISA.
Keywords: math anxiety; mathematical reasoning; PISA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh tingkat kecemasan matematika terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis PISA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif. Populasi terjangkau penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Batam pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen, dengan 38 orang siswa sebagai sampel penelitian. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket kecemasan matematika serta soal tes kemampuan penalaran matematis berbasis soal PISA. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis korelasi dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif antara kecemasan matematika dengan kemampuan penalaran matematis siswa dengan besar korelasi -0,178 dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematika terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis PISA.
Kata kunci: kecemasan matematika; penalaran matematis; PISA
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Asdarina, O., & Ridha, M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Setara Pisa Konten Geometri. Numeracy, 7(2), 192–206.
https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1167
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22.
http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748
Irfan, M. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecemasan Belajar Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 143–149.
https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.8779
Kemdikbud. (2020). Asesmen Kompetensi Minimum. (online),
Asesmen Nasional (kemdikbud.go.id)
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1(1), 588–595.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20201
Munasiah, M. (2016). Pengaruh Kecemasan Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa terhadap Kemampuan Penalaran Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 220–232.
http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i3.649
Nurita, D. (2019). Nadiem Makarim Bocorkan Sedikit Konsep Contoh Soal Pengganti UN. Nasional.Tempo.Co. (Online),
https://nasional.tempo.co/read/1283100/nadiem-makarim-bocorkan-sedikit-konsep-contoh-soal-pengganti-un/full&view=ok
OECD. (2017). PISA for Development Assessment and Analytical Framework (READING, MATHEMATICS AND SCIENCE). OECD Publishing, 1(1), 1–180.
https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-for-development-assessment-and-analytical-framework_9789264305274-en
Rohim, S. R. I. D. G. D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar untuk Siswa. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62.
https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudarti, N. K. (2020). Analisis Pengaruh Faktor Kecemasan Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri Se-Kota Singaraja. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(2), 81.
https://doi.org/10.26858/jnp.v8i2.13956
Umaroh, S., Yuyu Yuhana, & Aan Hendrayana. (2020). Pengaruh Self-Efficacy Dan Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp. Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 1–15.
Wijaya, R., Fahinu, F., & Ruslan, R. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika dan Gender Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematika Siswa SMP Negeri 2 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 173.
https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5867
Zakaria, E., Zain, N. M., Ahmad, N. A., & Erlina, A. (2012). Mathematics anxiety and achievement among secondary school students. American Journal of Applied Sciences, 9(11), 1828–1832.
https://doi.org/10.3844/ajassp.2012.1828.1832
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.