PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERMUATAN SOAL HIGH ORDER THINGKING SKILL (HOTS) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 9 METRO
Abstract
This study aims to find out the validity and practicality of Student 0 Worksheets (LKPD) Charged With High Order Thingking Skill (HOTS) In Class VIII Flat Side Room Building Materials. This type of research is a development research using addie development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). This research was conducted at SMP Negeri 9 Metro. The data collection instruments used were expert validation questionnaires to 9 validators and practicality test questionnaires to 10 students. The data obtained is then analyzed using validity analysis and product practicality analysis. The result of the development of this study is a Worksheet of Learners Charged With Higher Order Thinking Skills (HOTS) On Class VIII Flat Side Room Building Materials. This LKPD is equipped with HOTS-based questions. Validation results by material experts obtained a percentage of 85.09%, media experts obtained a percentage of 88.40% and linguists obtained a percentage of 86% and all three fall into the category of highly valid. Practicality assessment using student response questionnaires fall into the eligible category. The results of the assessment of the overall teaching materials can be concluded that the HOTS-charged LKPD on the building material of the grade viii flat side room is valid and practical and can be used in learning
Keywords: polyhedron, HOTS, LKPD, development
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
A.S, Afsari. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berfikir Tingkat Tinggi Pada Pokok Bahasan Sel Kelas XI IPA SMA Negeri 16 Makassar. Skripsi tidak diterbitkan (Online). Makassar: Program Sarjana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Asdaniar.,Hala, Y., dan Taiyeb, A. Mushawwir. 2016. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Peta Konsep Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 AWANGPONE. Jurnal Bionature.Vol. 17, No. 2. Hal 102-106.
Asma, N. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 2 Rawa Laut Bandar Lampung. Skripsi tidak diterbitkan (Online). Bandar Lampung: Program Sarjana Universitas Lampung.
Astutik, Y. 2015. Pengembangan E-LKPD pada Mata Pelajaran Dasar Pengendalian Mutu Hasil Pertanian dan Perikanan Kelas X TPHP di SMKN 1 Cidaun. Skripsi tidak diterbutkan (Online). Bandung: Pogram Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Badjeber, R., Purwaningrum, J.P. 2018. Pengembangan Higher Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.Vol.1, No. 1. Hal 36-43.
Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer
Dinni, H.N. 2018. HOTS (High Order Thinking Skill) dan Kaitannnya dengan Kemampuan Literasi Matematika.PRISMA 1. Hal175
Fanani, M.Z. 2018. Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinkin Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Journal of Islamic Religious Education. Vol.2, No. 1. Hal 57-76.
Hanafi. 2017. Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman. Vol. 4, No. 2. Hal 129-150.
Ibda, F. 2015. Perkembangan Kognitif. Jurnal Intelektualita. Vol. 3, No. 1. Hal 27-38
Krisna, F.N., dkk. 2020. Kebijakan Pembelajaran Bermuatan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi dalam K-2013: Prespektif Politik Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 5. No 1. Hal 47-48
Lestari, E.A. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Eksperimen IPA Kelas V SD/MI. Skripsi tidak diterbitkan (Online). Lampung: Program Sarjana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Masykur, R. ,Nofrizal., dan Syazali, M. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 8, No. 2. Hal 177-186.
Maqfirah, S. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis HOTS pada Metri Kalor di SMA. Skripsi tidak diterbitkan (Online). Banda Aceh: Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Ar-Ranirry
Melda, F., Amnah, S., dan Mellisa. 2019. Pengembangan Bahan Ajar LKPD Kultur Jaringan di FKIP Biologi Universitas Islam RIAU. Jurnal Pelita Pendidikan 7(2), 94-104.
Musfiqi, S., Jailani. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Berorientasi pada Karakter dan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Pendidikan Matematika.Vol.9, No. 1. Hal 45-59.
Nadhiroh, N. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Termodinamika. Skripsi tidak diterbitkan (Online). Bandar Lampung: Program Sarjana Fisika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Nahria, N. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet pada Materi Hidrolisis Garam di MA Babun Aceh. Skripsi tidak diterbitkan (Online). Banda Aceh: Program sarjana Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Nasyirwan. 2015. Pencapaian 8 (Delapan) Standar Nasional Pendidikan Oleh Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal Manajer Pendidikan. Vol. 9, No. 6. Hal 724-736.
Nisa, N.A.K. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbaisis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Skripsi tidak diterbitkan (Online). Lampung: Program Sarjana Universitas Islam Negeri RadenIntan Lampung.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005.16 Mei 2005. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005. Jakarta.
Riduwan dan Akdon. 2013. Rumus dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta
Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano. Vol. 3, No. 1. Hal 59-72
Samiudin. 2017. Pentingnya Memahami Perkembangan Anak untuk Menyesuaikan Cara Mengjara yang Diberikan. Jurnal Studi Islam.Vol. 12, No. 2. Hal 1-9.
Sari, R.S.P. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Software Microsoft Adobe Flash untuk Kelas VIII SMP. Skripsi tidak diterbitkan (Online). Lampung: Program Sarjana Universitas Islam Negeri RadenIntan Lampung.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta
Supriyadi. 2017. Pengembangan Media Animasi Menggunakan Adobe Flash C56 Materi Termodinamika untuk Siswa SMK Kelas XI Teknik Otomotif. Skripsi tidaj diterbitkan (Online). Palangkaraya: Program sarjana Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya.
Taufikin, M.A. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berbaisis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar kelas VII SMP Negeri 1 Surakarta. Skripsi tidak diterbitkan (Online). Surakarta: Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ulya, A.I. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Game Spinning Wheel Berbasis Model 4D pada Materi Pelajaran Alat Panca Indera Manusia Kelas V di Sekolah Dasar. Skripsi tidak diterbutjan (Online). Semarang: Program Sarjana Universitas Negeri Semarang
Wilson, L.O. 2016. Anderson and Krathwohl Blomm’s Taxonomy Revised Understanding the New Version of Bloom’s Taxonomy. Hal 2-4.
Yazidah, N.I., Argarini, D.F., dan Sulistyorini, Y. 2020. Pengembangan Soal HOTS pada Materi Aljabar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 9. No. 2. Hal 70
Yuniar, M., Rakhmat, C., Saepulrohman, A. 2015. Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) Pada Soal Objektif Tes Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. Jurnal Ilmiah Mahasiwa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2, No. 2. Hal 102-106
Yusuf, I., Widyaningsih, S.W. 2018. Profil Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS di Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Papua. Jurnal Komunikasi Pendidikan.Vol. 2, No. 1. Hal 42-49.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.