Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Yunita Elva Rizki, Nur Hanurawati, Pentatito Gunowibowo

Abstract


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan ke-mampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretestposttest control design dan teknik pengumpulan data menggunakan tes. Secara purposive sampling dipilih dua dari tiga kelas pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013 sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, karena nilai rata-rata yang diperoleh pada indeks gain tidak berbeda secara signifikan pada siswa SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, namun pada pencapaian indikator terlihat bahwa kelas yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik disbanding kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: TPS, kemampuan komunikasi matematis.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.