PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS APLIKASI CANVA MATERI BANGUN RUANG LIMAS

Ani Rohma, Ummu Sholihah

Abstract


Abstract

The purpose of this study is to determine the validity, practicality, and effectiveness of audio-visual media based on the canva application for pyramids in VIII grade SMP Islam Al Azhaar Tulungagung with 27 students. The approach used in this study is R&D with ADDIE steps; Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The data collection method used is a questionnaire and test. The results of the material expert validation were 3.40 (good criteria) and the media expert validation 3.50 (very good criteria). So that it can be categorized as a criteria. The practicality test of students with an average of 89.25 of the criteria is very practical. Based on the percentage of students’ effectiveness of 92.59% the criteria is very good. Based on the validation process, practicality, and effectiveness test of audio-visual media based on the canva application the pyramid material is valid, practical, and effective. The developed media can increase students’ learning motivation. So it can be used to support the implementation of direct or online learning for VIII grade Junior High School.

Keywords: audio visual; canva apps; media development; pyramid

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan efektifitas media audio visual berbasis aplikasi canva materi bangun ruang limas. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 27 siswa kelas VIII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Jenis penelitian adalah R&D dengan langkah-langkah ADDIE ; Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Hasil uji validitas ahli materi diperoleh skor 3,40 (kriteria baik) dan skor dari ahli media 3,50 (kriteria sangat baik), sehingga media yang dikembangkan berada pada kriteria valid. Hasil uji kepraktisan siswa diperoleh rata-rata 89,25 kriteria sangat praktis. Hasil presentase efektifitas siswa sebesar 92,59% kriteria sangat baik. Berdasarkan proses validasi, uji kepraktisan dan uji efektifitas media audio visual berbasis aplikasi canva materi bangun ruang limas dinyatakan valid, praktis dan efektif. Media yang dikembangkan dapat memberikan motivasi belajar siswa, sehingga layak digunakan untuk mendukung terlaksananya pembelajaran baik secara tatap muka maupun pembelajaran jarak jauh atau daring bagi peserta didik kelas VIII SMP/MTs.

Kata Kunci: aplikasi canva; audio visual; limas; pengembangan media

 

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp292-306


References


Adawiyah, A., Hasanah, A., & Munsi, M. F. (2019). Literasi Visual Melalui Teknologi Canva: Stimulasi Kemampuan Kreativitas Berbahasa Indonesia Mahasiswa. Proceeding Universitas Suryakancana; Education Transformation in Facing Indsutrial Revolution 4.0, 6(1), 183–187. https://www.researchgate.net/publication/331982362

Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 332–337. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/dispanas2018/article/view/73/45

Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2645

Jackson, J. (2016). Myths of Active Learning: Edgar Dale and the Cone of Experience. HAPS Educator, 20(2), 51–53. https://doi.org/10.21692/haps.2016.007

Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.); Cetakan Ke). PT. Refika Aditama.

Lusiana, T. S., Briliany, N., Purdhani, L. T., Suryani, C., & Nuraeni, S. (2021). Edukasi Guru Dalam Pembuatan Infografis Media Pembelajaran Anak Usia 4-6 Tahun Menggunakan Aplikasi Canva Di TK Tunas Harapan. 1(1), 8–14. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/

Machali, I., & Hamid, N. (2017). Pengantar Managemen Pendidikan Islam; Perencanaan, Pengorganisasian, dan Pengawasan dalam Pengelolaan Pendidikan Islam. In Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerja sama Institut Ilmu Al Qur’an (IIQ) An Nur Pondok Pesantren An Nur Ngrukem Bantul 55702 Yogyakarta: Vol. Cetakan 1.

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran.

Muntazhimah, M., Nasution, E. Y. P., & Ningsih, S. Y. (2020). Respon Siswa Sekolah Menengah Terhadap Pembelajaran Matematika di Era COVID-19. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(3), 193–206. https://doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp193-206

Nata, A. (2009). Perspektif islam tentang strategi pembelajaran (cetakan 1). Penerbit Prenadamedia Group.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM Universitas Pamulang, 8(2), 79–97. http://dx.doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96

Adawiyah, A., Hasanah, A., & Munsi, M. F. (2019). Literasi Visual Melalui Teknologi Canva: Stimulasi Kemampuan Kreativitas Berbahasa Indonesia Mahasiswa. Proceeding Universitas Suryakancana; Education Transformation in Facing Indsutrial Revolution 4.0, 6(1), 183–187. https://www.researchgate.net/publication/331982362

Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1), 332–337. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/dispanas2018/article/view/73/45

Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2645

Jackson, J. (2016). Myths of Active Learning: Edgar Dale and the Cone of Experience. HAPS Educator, 20(2), 51–53. https://doi.org/10.21692/haps.2016.007

Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.); Cetakan Ke). PT. Refika Aditama.

Lusiana, T. S., Briliany, N., Purdhani, L. T., Suryani, C., & Nuraeni, S. (2021). Edukasi Guru Dalam Pembuatan Infografis Media Pembelajaran Anak Usia 4-6 Tahun Menggunakan Aplikasi Canva Di TK Tunas Harapan. 1(1), 8–14. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/

Machali, I., & Hamid, N. (2017). Pengantar Managemen Pendidikan Islam; Perencanaan, Pengorganisasian, dan Pengawasan dalam Pengelolaan Pendidikan Islam. In Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta bekerja sama Institut Ilmu Al Qur’an (IIQ) An Nur Pondok Pesantren An Nur Ngrukem Bantul 55702 Yogyakarta: Vol. Cetakan 1.

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran.

Muntazhimah, M., Nasution, E. Y. P., & Ningsih, S. Y. (2020). Respon Siswa Sekolah Menengah Terhadap Pembelajaran Matematika di Era COVID-19. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(3), 193–206. https://doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp193-206

Nata, A. (2009). Perspektif islam tentang strategi pembelajaran (cetakan 1). Penerbit Prenadamedia Group.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM Universitas Pamulang, 8(2), 79–97. http://dx.doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/30179

Rahmayanti, D. ; P. J. (2020). Pengaruh penerapan media pembelajaran canva dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika. Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 8(4), 107–113. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index

Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat UNM, 5–7. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/download/7649/4429

Said, A. A. (2016). Desain Multimedia Pembelajaran. In: Seminar Nasional “Revitalisasi Pendidikan Seni dan Desain Sebagai Basis Pengembangan SDM”, 19 November 2016, Makassar. Repositori Universitas Negeri Makasar. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4156

Sari, N. Y., & Putra, F. G. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Software Swishmax pada Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 72–83. https://doi.org/10.26877/aks.v9i2.2907

Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar Untuk Memilih Media yang Tepat Dalam Pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, I(1), 58–78. https://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/27

Sari, R. N., & Siswono, T. Y. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Media Sosial Instagram Pada Materi Lingkaran Di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 120–127. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/32940

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.