PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING

Vipi Alvyanita, Nanang Priatna

Abstract


Abstract

Online learning is one of the learning systems that can be used as a means in the teaching and learning process that is carried out without direct or face-to-face meetings between educators and students. In online learning, teachers are required to be creative and innovative in applying suitable learning models, one of which is by applying peer tutoring learning models. This study aims to determine the increase in the ability to understand mathematical concepts of students who use peer tutor learning models. This type of research is a quasi-experimental research with a pre-test and post-test control group design. The sample in this study were students of class VIII C and VIII F of SMP Negeri 1 Suranenggala as many as 30 students. The instrument used is a test in the form of 10 description test questions which are arranged based on indicators of understanding the concept of the Pythagorean theorem material. The results showed that there was a significant increase in the ability to understand mathematical concepts of students who were given treatment using a peer tutor learning model than students who were not treated.

Keywords: concept understanding; online learning; peer tutor

 

Abstrak

Pembelajaran daring merupakan salah satu system pembelajaran yang dapat digunakan sebagai sarana dalam proses belajar mengajar yang dilakukan tanpa adanya pertemuan langsung atau tatap muka secara langsung antara guru dan siswa. Pada pembelajaran daring guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam menerapkan model pembelajaran, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran tutor sebaya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan pre-test and post-test control group desain. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas VIII C dan VIII F SMP Negeri 1 Suranenggala sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berupa 10 soal tes uraian yang disusun berdasarkan indikator pemahaman konsep pada materi teorema pythagoras. Hasil Penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya dari pada siswa yang tidak diberi perlakuan.

Kata Kunci: pemahaman konsep; pembelajaran daring; tutor sebaya

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp256-265


References


Asahan, U. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MELALUI WHATSAPP GROUP TERHADAP KEMAMPUAN. 8(1).

Febianti, Y. N. (2014). Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Mengajar. Edunomic Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 2(2), 80–87.

http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/63/61

Hastari, R. C. (2019). Penerapan Strategi Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.2811

Istikomah, D. A., & Jana, P. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dalam Perkuliahan Aljabar Matrik. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 04(01), 927–932. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/2222

Nurmala, Sukayasa, & Paloloang, B. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas V SDN 20 Toli-Toli pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(9), 199–211.

Pratiwi, S. I., Lusiana, & Fuadiah, N. F. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMPN 30 Palembang Melalui Pembelajaran CORE. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 15–28.

Putri Utami, Y., & Alan Dheri Cahyono, D. (2020). Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 1(1), 20–26. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/252

Sinambela, E. E. (2015). Meningkatkan HAsil Belajar Aljabar Siswa dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya di SMP Negeri 175 Jakarta. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1), 31–45. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i1.137

Wakit, A. (2016). Efektivitas Metode Sorogan Berbantuan Tutor Sebaya Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 2(1), 1–12. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v2i1.278

Yusuf, Suhirman, Suastra, I. W., & Tokan, M. K. (2019). The effects of problem-based learning with character emphasis and naturalist intelligence on students’ problem-solving skills and care. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(3), 1–26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.