PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
Abstract
This quasi experimental research aimed to know the influence of realistic mathematics education towards student’s conceptual understanding of mathematics. Posttest only control grup design was used in this research. The population was all students of grade 8th of SMP Negeri 2 Bandarlampung, even semester, in the academic year 2012/2013. Samples were students of VIII 2 as control class and VIII 3 as experiment class that was determined by purposive random sampling technique. Based on data analysis, student’s conceptual understanding of mathematics by realistic mathematics education was better than conventional learning. So, it was concluded that realistic mathematics education influences student’s conceptual understanding of mathematics.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa rata-rata skor pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan matematika realistik lebih dari pembelajaran konvensional. Dengan demikian, disimpulkan pendekatan matematika realistik berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa.
Kata kunci : pemahaman konsep matematika, pendekatan matematika realistik, pengaruh
Full Text:
PDFReferences
Balitbang. 2011. Survei Internasional TIMSS (Trends In International Mathematics and Science Study). [Online] Tersedia pada http://litbang. kemdikbud.go.id/detail.php? id=214. (diakses pada 4 Januari 2013)
Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip.
Iskandar, Raihan. 2012. Merosotnya Dunia Pendidikan. [Online]. Tersedia pada http://aspensi.com/views/2012/01/11/1958/380000-merosotnya-dunia-pendidikan (diakses pada 12 Januari 2013)
Karthwohl, David R. 2002. A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. Columbus: Ohio State University
Kemendiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. [Online]. Tersedia pada http://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2009/04/permendiknas-no-22-tahun-2006.pdf (diakses pada 1 Februari 2013)
__________. 2006. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2003. [Online]. Tersedia pada http://www.inherent-dikti.net/files/sisdiknas.pdf (diakses pada 2 Februari 2013)
Kurnia, Mita. 2013. Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMPN 31 Padang. Padang: Universitas Bung Hatta
Marpaung, Y. PMRI dan PISA: Suatu Usaha Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. [Online]. Tersedia pada http://p4mriusd.blogspot.com/2011/12/pmri-dan-pisa-suatu-usaha-peningkatan.html (diakses pada 10 Januari 2013)
Shadiq, Fadjar. 2009. Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Widiyanti. 2011. Pembelajaran Realistik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sistem Persamaan Linier Dua Variabel pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Arjasa Jember. Malang : Universitas Negeri Malang
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.