ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELARAN ONLINE MATEMATIKA KIMIA

Nidia Winda Sari, Mirna Nurlaela Dewi, Hajia Rina Kartini

Abstract


Abstrak: Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Online Matematika Kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah kemampuan komunikasi matematis dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran online matematika kimia.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Kimia semester dua Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa kelas B Pendidikan Kimia semester dua Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner atau angket. Penelitian ini menggunakan uji korelasi Bivariate Pearson. Hasil penelitian menujukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis terhadap hasil belajar mahasiswa, sehingga semakin tinggi atau rendahnya kemampuan komunikasi matematis tidak mempengaruhi hasil belajar mahasiswa Pendidikan Kimia pada matakuliah Matematika Kimia pada pembelajaran online.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp68-76


Full Text:

PDF

References


Aji, W., Dewi, F., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Annisa, C. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Dengan Implementasi RME. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 2(1), 105–112.

Gordah, E. K., & Nurmaningsih. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pada Materi Kuliah Geometri Analitik Di Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(2), 195–206.

NCTM. (1998). Pssm. Journal of Equine Veterinary Science, 18(11), 719. https://doi.org/10.1016/s0737-0806(98)80482-6

Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(1), 41–54. https://doi.org/10.20422/jpk.v17i1.5

Nurhikmayati, I. (2017). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada matakuliah matematika dasar. Theorems, 2(1), 74–85. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/576

Santoso, E. (2011). PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP Edi Santoso. 12.

Siregar, N. F. (2018). Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(02), 74. https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i02.1275

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.