Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Dermawati Setya Utami, Haninda Bharata, M. Coesamin

Abstract


Abstract: The Influence of Cooperative Learning Think Pair Share Type On Improving Mathemtics Communication Skills of Students . This research aimed to know the influence of the application of Think Pair Share learning model on improving student’s mathematical communication skills. The population of this research was all the eighth grade students of SMP Negeri 1 Sukoharjo in the odd semester of the 2019/2020 academic year, distributed into nine classes. The sample of this study was students of class VIII-A as the experimental class and class VIII-B as the control class selected through purposive sampling technique. This research design used the pretest-posstest control group design with essay test. Based on the result of research and discussion, it was concluded that the increase in mathematical communication skills of students who participated in think pair share learning was higher than the increase in mathematical communication skills of students who participated in conventional learning. Thus, Think Pair Share learning model affect the improvement of student’s mathematical communication skills.



Full Text:

PDF

References


Azizah, S. M. N. 2011. Pengaruh Penerap-an Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Ter-hadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (Kuasi Eksperimen di SMPN 3 Tangerang Selatan). (Skripsi). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Cahyono, H. 2018. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Himpunan Ditinjau dari Tipe Adversity Quotient (AQ) Siswa. Jurnal Aksioma Program Studi Pen-didikan Matematika STKIP Modern Ngawi Vol 9 No 1 Juli 2018. E-ISSN: 2579-7646.

Ester, R. 2007. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik TPS Ter-hadap Peningkatan Kemampuan Pe-mahaman dan Komunikasi Mate-matika Siswa SMK (Studi Ekspe-rimen di SMK Negeri 2 Cimahi). (Tesis). Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Fatimah, N. 2015. Implementasi Coopera-tive Learning Tipe Think Pair Share Dalam Pembelajaran Bercerita di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Humoniora Vol 16 No 2 Agustus 2015.

Hajarukmi, C., Ishaq N., dan Khoerul U. 2016. Pengaruh Pembelajaran Stu-dent Team Achievement Division Berbatun Cabri 3D Terhadap Ke-mampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Vol 03, Oktober 2016. ISSN: 2476-8898.

Harahap, E. R., dan Edy S. 2017. Kemam-puan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesai-kan Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika UNIMED Vol 07 No 01 April 2017. ISSN: 2088-2157.

Hodiyanto. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Fakultas MIPATEK IKIP PGRI Pontianak Vol 7 No 1. ISSN: 2088-687X

Kemendikbud. 2016. Permendikbud No. 23 tentang Standar Penilaian Pen-didikan. Kementerian pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

OECD. 2016. Country Note – Result from PISA 2015. [Online]. Tersedia di: http://oecd.org/pisa. Diakses pada 5 April 2018.

Qonaah, A., Heni P., dan Abdul F. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Ge-neratif Terhadap Peningkatan Ke-mampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Jurnal Program Pascasarjana Pendidikan Mate-matika Universitas Sultan Agung Tirtayasa Vol 09 No 01 April 2019. ISSN: 2580-0779.

Rezki, U. 2014. Pengaruh Model Pembela-jaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terdahap Kemampuan Pema-haman Konsep Matematis Siswa. (Skripsi). Universitas Lampung. Lampung.

Siagian, M. D. 2016. Kemampuan Komu-nikasi Matematik dalam Pembela-jaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science Vol 2 No 1, Oktober 2016. ISSN: 2558-4363

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pen-didikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta, Bandung.

Umar, W. 2012. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pem-belajaran Matematika. Infinity. Jurnal Ilmiah Program Studi Ma-tematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol 1, No.1 Februari 2012

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Jakarta.

Vitriani, J., Sri E., dan Muh. S. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pem-belajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 Part 1 Hal 45-49. Padang: UNP.

Wardhani, S., dan Rumiati. 2011. Instru-men Penilaian Hasil Belajar Ma-tematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Prosiding Program Bermutu: Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading. Yogyakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. [Online]. Tersedia di: http://p4tkmatematika.org. Diakses pada 5 April 2018.

Wibowo, S., Sudrajat, dan Suparmini. 2015. Strategi Cooperative Learning Seba-gai Peningkatan Kualitas Pembelajar-an IPS di SMP. JIPSINDO No. 2 Vol 2 September 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.