EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA
Abstract
The Effectiveness of Cooperative Learning Model Think Pair Share In Terms of Students’ Mathematical Conceptual Understanding Ability and self confidence. This quasi-experimental research aimed to find out the effectiveness of cooperativelearning model think pair sharein terms of Students’ Mathematical conceptualunderstanding ability and self confidence. The population of this research was all students of grade VII of SMPN 10Bandarlampung in academic year of 2017/2018. The sample of this research were students of class VIIF and VIIG, that were chosen by purposive sampling technique. This research used pretest-posttest control group design. The data analysis used t’-test and proportion test. Hypothesis test results showed that gain of students’ mathematical conceptual understanding abilities and self confidence in the think pair sharemodel class was higher than the conventional class. Propotion of students’s score at least 70 in mathematical concept understanding abilities was more than 60% of total students in think pair share model class. Based on the research, it can be concluded that cooperativelearning model think pair sharewas effective interms of students’ mathematical conceptual understanding ability and self confidence.
Kata kunci:Efektivitas,pemahaman konsep, think pair share
Full Text:
PDFReferences
Huda,M. 2014. Model-Model Pe-ngajarandan Pembelajar-an: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Cetakan IV. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Iswidharmanjaya, D, dan Jubilee Enterprise. 2014. Satu Hari Menjadi Lebih Percaya Diri.Jakarta: PT. Gramedia.
Kurniawati, S. 2015. Efektivitas Model Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Awal Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Munzim, M. 2015. Peningkatan Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Surkarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ni’mah, A. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Metode Eksperimen untuk Mening-katkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTS. Nahdlatul Muslimin Kudus. Unnes Physic Educa-tion Journal. (Online), Volume 3, No.2, (http://journal.unnes-.ac.id/sju/index.php/upej), diakses 03 Januari 2019.
Nurhasanah. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) ditinjau dari Hasil Belajar Matematika. Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Nur. 2010.Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Di MTs Miftahul Huda Muncar Banyuwangi Skripsi (tidak diterbitkan).
Panji. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Terhadap Kemampuan Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeris 20 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2014/2015)
Sasmita, D. 2011. Efektivitas Pe-nerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share untuk Meningkatkan Pe-mahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011).
Selvia, R. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Setiawan, P. 2014. Siapa Takut Tampil Percaya Diri?. Yogyakarta: Parasmu.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Surayya, L. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. e-Journal Program Pasca-sarjana Universitas Pendidi-kan Ganesha. (Online), Volu-me 4, No. 1, (http://ejour-nal.upg.ac.id/), diakses 03 januari 2019.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Prog-resif. Jakarta: Kencana Praneda Media Group.
Wulandari, R. 2015. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 2 Lubuklinggau. Lubuklinggau. STKIP-PGRI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.