PENERAPAN METODE TAPPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Dedi Satria, Sri Hastuti Noer, M Coesamin

Abstract


This quasi experimental research aimed to analyze the increasing of student’s mathematical communication ability who learn with TAPPS learning method compared conventional learning. The population was eighth grade students of junior high school state 8 Bandar Lampung in academic years 2012/2013. The samples were students of VIII B and VIII C class that chosen from eight classes by purposive random sampling. The conclusion was the average of increasing of student’s mathematical communication ability in TAPPS learning method was same as average of increasing of student’s mathematical communication ability in conventional learning.

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode TAPPS dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian yaitu siswa pada kelas VIIIB dan VIIIC yang dipilih dari delapan kelas dengan cara purposive random sampling. Kesimpulan penelitian ini adalah rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode TAPPS sama dengan rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, metode pembelajaran, TAPPS


Full Text:

PDF

References


Ansari, Bansu Irianto. 2003. Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa SMU Melalui Strategi Think Talk Write. [Online].Tersedia:http://www.ccny.cuny.edu/ctl/handbook/hartman.html. [15 September 2010].

Isjoni. 2007. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Johnson, S.D & Chung, S.P. 1999. The Effect of Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) on The Troubleshooting Ability of Aviation Technician Students. [Online]. Journal of Industrial Teacher Education, Volume 37, No. 1. Tersedia: http://scho-lar.lib.vt.edu/ejournals/JITE/v37n1/john.html. [21 Mei 2012].

NCTM.1989. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. [Online]. Tersedia: http://www.nctm.org/standards/-content.aspx?id=322. [6 Maret 2011].

Slavin. 1995. Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). [Online].Tersedia: http://www.-wcer.wisc.edu/archive/cll/CL/doingcl/tapps.ht. [23 Mei 2012].

Stice, J.E.1987. Teaching Problem Solving. [Online]. Tersedia: http://wwwcsi.unian.it/educa/problemsolving/stice_ps.html.[6 Maret 2011].

Sukaesih. 2004. Efektivitas Penggunaan Metode TAPPS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. [online]. Tersedia: http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skripsi. [21 juli 2012].

Yuniawatika. 2008. Penerapan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP. [online].Tersedia:http://repository.upi.edu/skripsiview.php?no_skripsi=2077. [21 Juli 2012].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.