Efektivitas Alqurun Teaching Model Bantuan Papan Tulis Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Awan Sugandi, Sugeng Sutiarso, Widyastuti Widyastuti

Abstract


Abstrak: Efektivitas Alqurun Teaching Model Bantuan Papan Tulis Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Alqurun Teaching Model (ATM) bantuan papan tulis ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 272 siswa yang terdistribusi ke dalam 9 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII B sebanyak 30 siswa dan VII C sebanyak 30 siswa yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan ujidan uji proporsi dengan taraf signifikansi . Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti ATM bantuan papan tulis lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti ATM biasa. Maka, ATM bantuan papan tulis efektif terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

 

Kata kunci: alqurun teaching model bantuan papan tulis, efektivitas, kemampuan 
 pemahaman konsep matematis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.