Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Asti Retnosari, Haninda Bharata, Widyastuti .

Abstract


This quasi-experimental research aim­ed to find out the effectiveness of TTW learning on student’s mathematical conceptual understanding. The population in this research was all students of 7th grade at SMPN 10 Bandarlampung in academic year 2018/2019, which consist of 351 students that distributed into eleven classes. The sample in this research were the students of VII D which consist of 32 students and VII E which consist of 32 students who were selected based on cluster random sampling technique. This research used the randomized pretest-posttest control group design. The research data were obtained by the essay test of mathematical conceptual understanding on topic of comparison. t-test and proportion test was used to analyze the data with . Based on the results of the research and discussion, it was concluded that cooperative learning type TTW was not effective in terms of student’s mathematical conceptual understanding.


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe TTW ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 351 siswa dan terdistribusi dalam 11 kelas.  Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D sebanyak 32 siswa dan VII E sebanyak 32 siswa yang terpilih berdasarkan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan the randomized pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari tes pemahaman konsep matematis berbentuk uraian pada materi perbandingan. Analisis data penelitian menggunakan uji-t dan uji proporsi dengan . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh simpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TTW tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.

 

Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep matematis, think talk write

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2008. Kriteria dan Indikator Keberhasilan Pembelajaran. (https://www.scribd.com/document/159677685/Kriteria-Dan-Indikator-Keberhasilan-Kualitas-Pembelajaran).

Febria, Nita. 2017. Efektivitas Pembelajaran Think Talk Write ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila. (Online), Vol. 5, No. 8, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/14046), diakses 7 April 2019.

Hadi, Sutarto dan Maidatina Umi Kasum. 2015. Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 3, No.1, (https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/630), diakses 16 Februari 2019.

Hake, Richard R. 1998. Interactive engagement Versus Traditional Metdhod. American Journal of Physics. (Online), Vol. 66, No. 1, (https://aapt.scitation.org/doi/abs/10.1119/1.18809), diakses 15 Oktober 2018.

Hardianty, M. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepasifan dan Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Balusu. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://eprints.unm.ac.id/6115/), diakses 20 April 2019.

Hutagalung, R. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa melalui Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Budaya Toba di SMP Negeri 1 Tukka. Journal of Mathematics Education and Science. (Online), Vol. 2, No. 2, (https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/133), diakses 21 Oktober 2018.

Kurniawati, Siska. 2015. Efektivitas Model Discovery Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Awal Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila. (Online), Vol. 3, No. 5, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/9496), diakses 20 September 2018.

Mawaddah, Siti dan Ratih Maryanti. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 4, No. 1

,(https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/2292), diakses 11 September 2018.

Mukti, Hanggoro. 2019. Efektivitas Model Reciprocal Teaching Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila. (Online), Vol. 4, No. 8, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/17155), diakses 13 Maret 2019.

Murizal, Angga. 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 1, No. 1, (http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/index), diakses 5 Oktober 2018.

Puspendik. Rekap Hasil Ujian Nasional (UN) Tingkat Sekolah. (Online), (puspendik.kemdikbud.go.id.) diakses 25 Oktober 2018.

Sastrawan, I Wayan. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila. (Online), Vol. 5, No. 3, (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/12455), diakses 5 April 2019.

Suparmi. 2012. Pembelajaran Kooperatif dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. (Online), Vol. 1, No. 1, (https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/view/1055), diakses 6 November 2018.

Suryadi, Didi. 2010. Menciptakan Proses Belajar Aktif: Kajian Dari Sudut Pandang Teori Belajar Dan Teori Didaktik. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Matematika. (Online), (http://didi-suryadi.staf.upi.edu/files/2011/06/menciptakan-proses-belajar-aktif.pdf), diakses 17 Februari 2019.

Winayawati, L., S.B. Waluya, dan I. Junaedi. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Think-Talk-Write Terhadap Kemampuan Menulis Rangkuman dan Pemahaman Matematis Materi Integral. Unnes Journal of Research Mathematics Education. (Online), Vol. 1, No. 1, (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/36), diakses 16 Februari 2019.

Wiwit. 2105. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dengan Lembar Kerja Siswa Terstruktur Berbantu Alat Peraga Terhadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.uin-suka.ac.id/17920/), diakses 20 Oktober 2018.

Yamin, Martinis dan Bansu I. Ansari. 2012. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Gaung Persada Press. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.