Efektivitas Alqurun Teaching Model ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Abstract
This quasi-experimental research aimed to find out the effectiveness of Alqurun Teaching Model in terms of students’ mathematical concept understanding. The population of this research was all students of grade VII of SMPN 3 Pringsewu in academic year of 2018/2019 as many as 257 students. The sample of this research were students of class VII-E as many as 29 students and VII-F as many as 28 students, that were chosen by purposive sampling technique. This research used pretest-posttest control group design. The data analysis used t’-test and proportion test with . Hypothesis test results showed that gain of students’ mathematical concept understanding abilities in the alqurun teaching model class was higher than the conventional class, but propotion of students with good categorized in mathematical concept understanding abilities was not more than 60% of total students in alqurun teaching model class. Based on the research, it can be concluded that alqurun teaching model was not effective interms of students’ mathematical concept understanding ability.
Kata kunci: alqurun teaching model , efektivitas, pemahaman konsep matematis
Full Text:
PDFReferences
Febriansari, Awit. 2017. Efektivitas Pembelajaran ALQURUN Teaching Model (ATM) Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Pertidaksamaan (Studi pada Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA IT Ar-Raihan Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Hafifah, Nur Diah. 2017. Efektivitas Pembelajaran ALQURUN Teaching Model Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Hardianto, D. 2011. Studi Tentang Minat Baca Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Majalah Ilmiah Pembelajaran. (Online), Vol. 7, No. 1, (http://staff.uny.ac.id/sites-/default/files/Studi%20Tentang%20Minat%20Baca%20Mahasiswa%20FIP%20UNY_0.pdf), diakses 12 Desember 2018.
Huo, Meldi S. Huo. 2014. Analisis pemahaman Konseptual dan Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Hitungan Pada Materi Kesetimbangan Kimia Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Limboto. Tesis diterbitkan. (online). (http://epri-nts.ung.ac.id), diakses 7 Juni 2018. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.
Kurniawati, Siska. 2015. Efektivitas Model Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Awal Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Lestari, Vibra Annisa. 2017. Efektivitas Pembelajaran ALQURUN Teaching Model Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP NegerI 2 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Martunis, Ikhsan dan Rizal, Syamsul. 2014. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Model Pembelajaran Generatif.Jurnal Didaktik Matematika. (Online), Vol. 1, No. 2, (http://www.jurnal.unsyiah.ac.id /DM/article/view/2079/2033),
diakses 22 Oktober 2018.
Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Ruddock, G.J, O’Sullivan, C.Y., & Preuschoff, C. 2012. TIMSS 2011 Assessment Frameworks. The International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA). Amsterdam.
Ompusunggu, Vera Dewi Kartini. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematik dan Sikap Positif Terhadap Matematika Siswa SMP Nasrani 2 Medan Melalui Pendekatan Problem Posing. Tesis diterbitkan. (Online). (http://digilib.unimed.ac.id/3933/), diakses 12 Desember 2018. Medan: Universitas Negeri Medan.
Permendikbud. 2014. Lampiran III Permendikbud nomor 58 tahun 2014. Jakarta: BSNP.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada: Jakarta.
Santika, Agung. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Tutor Sebaya Siswa Kelas V Di SD Negeri 1 Granting Kabupaten Klaten. Skripsi diterbitkan. (online), (http://eprints.uny.ac.id/), diakses 4 Maret 2019. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Selvia, Reza. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Septriani Nicke, Irwan, dan Meira. 2014. Pengaruh Penerapan Pendekatan Scaffolding Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 3, No. 3, (http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/1330), diakses 7 Juni 2018.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutiarso, Sugeng. 2016. Model Pembelajaran ALQURAN (Alquran Teaching Model). Dalam Prosiding Seminar Nasional Mathematics, Science,& Education National Conference (MSENCo). Bandarlampung: IAIN Raden Intan Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.