Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Abstract
This research aimed to find out the influence of think pair share on understanding students' mathematical concepts. The population of this research was students of grade VIII of Junior High School 1 Semaka in academic year of 2018/2019 much 176 students that were distributed into six classes. The sampling was done by cluster random sampling technique and it was chosen students of VIII B as many as 28 students and VIII C as many as 29 students. The design which was used in this research was the pretest-posttest design control group design. Research data were obtained through test on understanding students' mathematical concepts. The data analysis which was used was t test. The result of this research show that enhancement on understanding students' mathematical concepts of student who follow learning with think pair share no higher than understanding students' mathematical concepts of student who follow learning with convensional.
Keywords: cooperative learning, understanding mathematical concepts, think pair share
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran think pair share (TPS) terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Semaka tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 176 siswa yang terdistribusi dalam enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih siswa pada kelas VIII-B sebanyak 28 siswa dan VIII C sebanyak 29 siswa. Desain yang digunakan adalah pretest – posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji lilifors dan uji . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan model kooperatif tipe TPS lebih dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan model konvensional.
Kata Kunci: pemahaman konsep matematis, pembelajaran kooperatif, think pai share
Full Text:
PDFReferences
Abidin. 2011. Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas XI IPA 6 Melalui Metode SQ3R SMA Negeri 1 Bontonompo, kecamatan Botonompo, Kabupaten Gowa. Jurnal Nalar Pendidikan. (Online), Vol. 5, No. 7, (http://www.masbied.com), diakses 22 Februari 2018.
Ahmad, Syarwan. 2014. Problematika Kurikulum 2013 dan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah. Jurnal Pencerahan. (Online), Vol. 8, No. 2, (http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JPP/article/view/2158), diakses 15 November 2018.
Aunurrahman.2009. Belajar dan Pembelajaran. (Online), (http://repository.upi.edu/28995/9/S_PSIPS_1205778_Bibliography.pdf), diakses 04 Januari 2019.
Depdiknas. 2006. Peraturan tentang Penilaian Perkembangan Anak Didik SMP No. 506/C/Kep/PP/-2006. (Online), (http://p4tkmate-matika.org/file/PRODUK/PAKET%20FASILITASI/SMP/Analisis%20SI%20dan%20SKL%20Matematika%20SMP.pdf), diakses 22 Sep¬te¬mber 2018. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.
Dwitasari, Yuyun. 2009. Strategi-Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Fatimah, Fatia. 2012. Kemampuan Pemahaman konsep Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. (Online), Vol. 16, No. 1, (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/1116), diakses 25 Sep¬te¬mber 2018.
Hake, Richard R. 1998. Interactive engagement v.s traditional methods: six- thousand student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics. (online), Vol. 66, No.1, (http://www.montana.edu/msse/Data_analysis/Hake_1998_Normalized_gain.pdf), diakses 22 Februari 2019.
Hasibuan. 2018. Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pengaruh Model Pembelajaran. (Online), Vol. 5, No. 1, (http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/multd/article/view/939/788), diakses 02 April 2019.
Noorie, Rian Ayatullah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VII Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi Tidak Diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Nurrahmawati. 2016. Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. (Online), Vol. 2, No. 2, (http://e-journal.upp.ac.id/index.php/mtkfkip/article/view/1212/933), diakses 02 April 2019.
PISA. 2015. Result in Focus. (Online), (http://www.oecd.org/pisa/ pisa-2015-result-in-focus. Pdf), diakses 8 November 2018.
Soviawati Evi. 2011. Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. (Online), Vol. 1, No. 2, (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/2677), diakses 12 Novemer 2018.
Usdiyana, D., Purniati, T., Yulianti, K., dan Harningsih, E. 2009. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMP melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pengajaran MIPA. (Online), Vol. 13, No. 1, (http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/300), diakses 25 Maret 2019.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.