Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Matematis
Abstract
This quasi experimental research aimed to find out the influence of guided discovery in terms of students’conceptual understanding of mathematics. The population in this study was all students of grade VIII of SMP Tri Sukses in academic year of 2018/2019 as many as 85 students which were distributed into four classes, they were VIII A until VIII D. The samples of this research were students of VIII A as many as 20 students and VIII C as many as 22 students which were taken by cluster random sampling technique. This research was used non equivalent control group design. The data of this research was obtained from student’s conceptual understanding of mathematics data. The data analysis of this research use d t-test. Based on the results and discussion, guided discovery model influenced to student’s conceptual understanding of mathematics.
Keyword: student’s conceptual understanding of mathematics, guided discovery, influence
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model penemuan terbimbing terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Tri Sukses Natar tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 85 peserta didik yang terdistribusi dalam empat kelas, yakni VIII A hingga VIII D. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A sebanyak 20 siswa dan VIII C sebanyak 22 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan non equivalent control group design. Data penelitian diperoleh dari data pemahaman konsep matematis. Analisis data yang digunakan adalah Uji- t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, model penemuan terbimbing berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematais.
Kata Kunci: pemahaman konsep matematis, penemuan terbimbing, pengaruh
References
Afni, R. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 2 Rambah Hilir. Jurnal Mahasiswa FKIP Universitas Pasir Pengaraian. (Online), Volume 3, No. 1, (http://ejournal.upp.ac.id/index.php/mtkfkip/article/view/1256), diakses 20 Februari 2019.
Asmara, Adi. 2013, Kecakapan Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Posing. Prosiding pendidikan Matematika FKIP UMB. (Online), (https://eprints.uny.ac.id), diakses 28 Maret 2019.
Budiningsih, A. dan Rahmadonna, S. 2018. Teori Belajar dan Pembelajaran. (Online), (https://ppgspada.brightspace.com), diakses 12 Agustus 2018.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2004. Peraturan Dirjen Dikdasmen Depdiknas Nomor 506/C/Kep/PP/2004 tentang Penilaian Rapor. Jakarta: Rineka Cipta
Hadija, 2014. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Palu pada Materi Kelipatan dan Faktor Bilangan Bulat. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. (Online), Volume 2, No. 2, (http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/8292/6578), diakses 20 Februari 2019.
Istiqomah, 2014. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Kelas VIB SD Negeri 02 Tulung Balak Lampung Timur. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id),
diakses 21 Maret 2019. Bandarlampung: FKIP Unila.
Karim, Tiya Maulida. 2014. Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika EDUMAT. (Online), Volume 2, No. 1, (https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view), diakses 05 Januari 2019.
Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar isi. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. 2016. Hasil TIMSS 2015. Jakarta: Kemendikbud.
Khanza, AM. 2018. Pembelajaran teks hikayat dengan menggunakan metode Make a Match. Skripsi diterbitkan. (Online), (https://repository.unpas.ac.id/view/division/fkip/2018), diakses 21 Maret 2019. Bandung: FKIP Unpas.
Meiriza, R. 2014. Pengaruh Penerapan Metode Penemuan Terbimbing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IX MTsN Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta. (Online), Volume 3, No. 1, (http://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php?journal=JFKIP&page=article&op=viewFile&path[]=2841&path[]=2456), diakses 20 Februari 2019.
Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Naini, Safdatul. 2016. Pengaruh Penerapan Model Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII. Jurnal Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Sumbar. (Online), Volume 1, Tahun 2016, (http://jim. stkip-pgri- sumbar.ac.id/jurnal), diakses 05 Desember 2018.
Rahmawati, Desi. 2015. Efektivitas Model Discovery Learning Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id), diakses 28 Maret 2019. Bandarlampung: FKIP Unila.
Sari, Dwi Cahya. 2015. Karakteristik Soal TIMSS. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015 UNY PM44. (Online), (http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnamatematika/files/banner/PM44.pdf), diakses 3 Februari 2019.
Suryosubroto, B. 2006. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.