Efektivitas Alqurun Teaching Model Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Abstract
This quasi experimental research aimed to find out the effectiveness of Alqurun Teaching Model in terms of students’conceptual understanding of mathematics. The population of this research was all students of grade VII of SMP Negeri 1 Kibang in academic year of 2018/2019 as many as 192 students that were distributed into six clases. By using cluster random sampling technique, two classes were taken as the sample that was VIIB as many as 32 students and VIIC class as many as 32 students. This research used the randomized posttest only control design. Data analysis of this research used t test. Based on the result of research, it was concluded that Alqurun Teaching Model was not effective in terms of students’conceptual understanding of mathematics. However, understanding mathematical concepts of students following Alqurun Teaching Model was higher than understanding mathematical concepts of students following conventional learning.
Keywords: alqurun teaching model, effectiveness, students’conceptual understanding of mathematics
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Alqurun Teaching Model ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kibang tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 192 siswa yang terdistribusi ke dalam 6 kelas. Melalui teknik cluster random sampling 2 kelas diambil sebagai sampel yaitu kelas VIIB sebanyak 32 siswa dan VIIC sebanyak 32 siswa. Penelitian ini menggunakan the randomized posttest only control design. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Alqurun Teaching Model tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Namun, pemahaman konsep matematis siswa mengikuti Alqurun Teaching Model lebih tinggi dari pada pemahaman konsep matematis siswa mengikuti pembelajaran konvensional.
Kata kunci: alqurun teaching model, efektivitas, pemahaman konsep matematis siswa
Full Text:
PDFReferences
Amalia, Rifki. 2017. Efektivitas Pembelajaran Alqurun Teaching Model (ATM) Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Pangkat Tak Sebenarnya (Studi Pada Siswa Kelas IX SMP IT Ar- Raihan Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Febriansari, Awit. 2017. Efektivitas Pembelajaran Alqurun Teaching Model (ATM) Ditinjau dari Pemahaman Konsep Pertidaksamaan (Studi Pada Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA IT Ar-Raihan Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Firmansyah, M. 2010. Pengaruh Iringan Musik dalam Penyelesaian Soal Matematika terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Hafifah, Diah Nur. 2017. Efektivitas Pembelajaran Alqurun Teaching Model Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Lestari, Anisa Vibra. 2017. Efektivitas Pembelajaran Alqurun Teaching Model Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
OECD. 2013. PISA 2012 Result In Focus What 15-years-olds know and what they can do with what they know. (Online), (http://www.oecd.org/pisa-/keyfidings/pisa-2012-results-overview.pdf), diakses 25 September 2018.
Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Putri, Ariesta Yananda. 2017. Efektivitas Pembelajaran Alqurun Teaching Model Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP IT Ar-Raihan Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Siregar, Eveline dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sutiarso, Sugeng. 2016. Metode Pembelajaran ALQURUN (Alqurun Teaching Model). Prosiding Seminar Nasional Mathematics, Science & Education National Conference (MSENCo). ISBN: 978-602-74581-0-9. Bandarlampung: IAIN Raden Intan Bandar Lampung.
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.