Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Abstract
This quasi experimental research aimed to find out the influence of discovery learning towards student's mathematical problem solving skill. The population of this research was all grade eight students of Junior High School state of 1 Pesawaran in academic year of 2018/2019 as many as 252 students that were distributed into nine classes. The samples of this research were students of VIII-A as many as 28 students and VIII-B as many as 27 students that were chosen by purposive sampling technique. The design of this research was pretest-posttest control group design. The research data were obtained by the essays test of mathematical problem solving skill. Analysis data of the research using non parametric test that is Mann-Whitney U test. Based on the research results and discussion, it was concluded that discovery learning affects the student's mathematical problem solving skill.
Keywords: discovery learning, mathematical problem solving
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pesawaran tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 252 siswa yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel dari penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII-A sebanyak 28 siswa dan VIII-B sebanyak 27 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk essay. Analisis data penelitian ini menggunakan uji non parametrik yaitu uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata kunci: discovery learning, pemecahan masalah matematis
Full Text:
PDFReferences
Amelia, Sindi. (2012). Pengaruh Accelerated Learning Cycle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (Studi Kuasi–Eksperimen Pada salah Satu SMP Negeri di Pekanbaru). Tesis tidak dierbitkan. Bandung: PPS UPI.
Depdikbud. 2014. PERMENDIKBUD No.58 Th. 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Perrtama/Madrasah Tsanawiyah. (Online), (http://staff.unila.ac.id/ngadimunhd/files/2012/03/Permen-58-ttg-Kurikulum-SMP.doc), diakses 8 Mei 2018.
Depdiknas. 2006. PERMENDIKNAS No. 22 Th. 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. (Online), (https://asefts63.files.wordpress.com/2011/01/permendiknas-no-22-tahun-2006-standar-isi.pdf), diakses 5 Mei 2017.
Fadillah, Syarifah. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, (Online) (https://eprints.uny.ac.id/12317/), diakses 16 Mei 2009.
Ibrahim, Asriadi. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil belajar Sejarah SMA Negeri 1 Parung. Jurnal Pendidikan Sejarah. (Online), (http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jps/article/view/6568), diakses 10 Oktober 2018.
Kurniasih, I. dan Sani, B. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena. (Online), (https://scholar.google.co.id/scholar?q=kurniasih+Sani+2014&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart), diakses 10 Mei 2018.
.
OECD. 2016. PISA 2015 Results in Focus. (Online), (https://www.oe-cd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf), diakses 2 Mei 2017.
National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standard for School Mathematis. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.
Rahmawati. 2016. Hasil TIMSS 2015. (Online), (http://puspen-dik.kemdikbud.go.id/seminar/upload/Hasil%20Seminar%20Puspendik%202016/Rahmawati-Seminar%20Hasil%20TIMSS%202015.pdf), diakses 14 Desember 2016.
Ruseffendi. 2006. Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung Press.
Tim TIMSS Indonesia. 2011. Surveilnternasional TIMSS. (Online), (http://id.scribd.com/doc/300314475/survei-internasional-TIMSS), diakses 20 Oktober 2017.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. 2003. Tentang sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dharma Bhakti.
Noer, Sri Hastuti. 2007. Pembelajaran Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik dan Kemampuan Berpikir Kreatif (Penelitan Eksperimen pada Siswa Salah Satu SMP N di Bandar Lampung). Tesis tidak diterbitkan. Bandung: UPI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.