Efektivitas Model Problem Based Learning ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Eva Mariyati, Sri Hastuti Noer, Agung Putra Wijaya

Abstract


This quasi experiment was aimed to find out the effectiveness of problem based learning model towards student’s matemathical communication skill. The population of this research was all of eight grade students of SMP Muhammadiyah 1 Gading Rejo in academic year of 2018/2019 as many as 218 students that were distributed into 7 classes. The samples of this research were students of VIII5as many as 32 studentsand VIII3class as many as 30 students that were chosen by purposive sampling technique. The design of this reserch was the static-group pretest-posttest grup design. The analysis data which used was Mann-Whitney U test  and proportion test. According of this result so that problem based learning is not effective towards student’s mathematical communication skill.

Keyword: communication skill, effectiveness, problem based learning


Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gading Rejo semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 218 siswa yang terdistribusi ke dalam tujuh kelas.Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII5 sebanyak 32 siswa dan  kelas VIII3 sebanyak 30 yang dipilih dengan tekik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah the static-group pretest-posttest design. Analisis data yang digunakan adalah uji Mann-Whitney U dan uji proporsi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa model problem based learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: efektivitas, komunikasi matematis, problem based learning


Full Text:

PDF

References


Aisah, Iis. 2014. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung. (Online), Vol. 1, Hlm. 354-359, (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id), diakses 1 Maret 2018.

Anggraini, Della. 2016. Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id), diakses 15 Desember 2018.

Artanto, Yuli. 2017. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Al-Kautsar Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id), diakses 15 Desember 2018.

Daulae, Tatta Herawati. 2014. Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal Forum Paeda gogik. (Online), Vol. 06, No. 02, (http://jurnal.iainpadangsidimpuan.ac.id), diakses 20 Desember 2018.

Indarti, Sri Mari. 2014. Peran Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Matematis Serta Kemandirian Belajar Siswa SMA Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung. (Online), Vol. 1, Hlm. 119-124, (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id), diakses 1 Maret 2018.

Izzati, Nur., dan Suryadi, Didi. 2010. Komunikasi Matematik dan Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta. (Online), (http://bundaiza.files.wordpress.com), diakses 5 Maret 2018.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

________. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mawartika, Risda. 2017. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi Diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id), diakses 7 November 2018.

OECD. 2016. PISA 2015 Result (Volume I): Excellence and Equity in Education. (Online), (http://www.oecd.org), diakses 3 maret 2018.

Pansa, Hani Ervina. 2015. Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id), diakses 7 Januari 2019.

Purnama, Indah. 2018. Kendala Guru Memotivasi Siswa dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri 46 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. (Online), Vol. 6, No.1, (http://jurnal.unsyiah.ac.id), diakses 7 Maret 2019.

Putri, Anita Purnama. 2014. Pengaruh Penguasaan Materi Prasyarat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sinjai Timur. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. (Online), Vol. 2, No. 1, (http://journal.uinalaudin.ac.id), diakses 2 Januari 2019.

Raharjo, Hendrik. 2014. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Membangun Kemampuan Pemahaman, Komunikasi, dan Disposisi Matematik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung. Vol. I Hlm. 204-207. (Online), (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id), diakses 1 Maret 2018.

Rusman. 2014. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Edutech. (Online), Vol. 1, No. 2, (http://downloadportalgaruda.org), diakses 1 Maret 2018.

Sinambela, Pardomuan N.J.M. 2008. Faktor-Faktor Penentu Keefektifan Pembelajaran dalam Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction). Jurnal Generasi Kampus. (Online), Vol. 1, No. 2, (https://jurnal.unimed.ac.id), diakses 7 Januari 2018.

Sumarmo, Utari. 2015. Analysis of Enhancement of Mathematical Communication Compe-tency Upon Student of Mathematics Education Study Program Through Metacognitive Learning. International Jurnal of Education and Research. (Online), Vol. 3, No. 9, (http:www.ijern.com), diakses 7 April 2018.

TIMSS. 2011. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. (Online), (http://timssandpirls.bc.edu), diakses 2 April 2018.

Zulfitriani. 2016. Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 10 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id), diakses 8 Januari 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.