Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Eka Septia Budi Asih, Sugeng Sutiarso, Agung Putra Wijaya

Abstract


This quasi experimental study was aimed to find out the effect of PBL model on student’s understanding of  mathematical concept. The population of this study was all eighth grade students of SMP Negeri 7 Bandarlampung in the odd semester of academic year of 2018/2019 as many as 305 students that were distributed into ten classes. The samples of this study were students of VIII-2 class as many as 30 students and VIII-3 class as many as 29 students who were selected by using cluster random sampling technique. The design used was the randomized control group pretest posttest design. The data analysis used was thet Mann-Whitney U test. The results of data analysis showed that the median of gain score of students understanding mathematical concept in PBL model was higher than the median of gain score of students mathematical concept in conventional learning. Thus, the PBL model affects the student’s understanding of mathematical concept.

Keywords: understanding of mathematical conceptproblem based learning

 

Penelitian quasi experiment ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bandar-lampung semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 305 siswa yang terdistribusi ke dalam 10 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 sebanyak 30 siswa dan kelas VIII-3 sebanyak 29 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah the randomized control group pretest posttest design. Analisis data yang digunakan adalah uji Mann-Whitney U. Hasil analisis data menunjukkan bahwa median gain skor pemahaman konsep matematis siswa dengan model PBL lebih tinggi daripada median gain skor pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model PBL berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci: pemahaman konsep matematis,  problem based learning


Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. 2012. Learning to Teach. New York. MCGraw Hill Co. Inc. 9th ed.

Ariandi, Yuli. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Aktivitas Belajar pada Model Pembelajaran PBL. Prosiding Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016. (Online), (https://journal.unnes.ac.id), diakses 28 Juli 2018. Semarang: UNS.

Asnila, Z. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X SMA N 3 Tambusai. Jurnal Mahasiswa FKIP Universitas Pasir Pengaraian. (Online), Vol. 2, No. 2, (https://ejournal.upp.ac.id), diakses 14 Januari 2019.

Depdiknas. 2006. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi. (Online), (https://asefts63.file.wordpress.com), diakses 18 Juli 2018. Jakarta: BSNP.

Handayani, Eny. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Perkalian Bilangan. Jurnal Riset dan Konseptual. (Online), Vol. 2, No.3, (https://www.jurnal.unublitar.ac.id), diakses 8 Maret 2019.

Hanik, A. N. 2015. Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pengolahan Makanan Kontinental Siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Wonosari Yogyakarta. Skripsi diterbitkan. (Online), (https://eprints.uny.ac.id), diakses 13 Agustus 2018. Yogyakarta: UNY.

Fraenkel, J. R., dan Wallen, N. E. 2009. How to Design and Evaluate Research in Education. New York. Mc Graw-Hill.

Kemendikbud. 2014. Lampiran III Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 tahun 2014. (Online), (https://buku.yunandracenter.com), diakses 28 Juli 2018. Jakarta: BSNP.

Lobato, J. Clarke, D. & Ellis, A. 2005. Initiating and Eliciting in Teaching: A Reformulation of Telling. Journal for Research in Mathematics Education. (Online), Vol. 36, No.2, Hal. 101-136, (https://www.jstor.org), diakses 4 Maret 2019.

Lusianti, Septyaning. 2015. Pengaruh Pemberian Permainan sebagai Bentuk Pemanasan terhadap Minat Siswa dalam Mengikuti Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Sportif Universitas Nusantara PGRI Kediri. (Online), Vol. 1, No. 1, November 2015, (https://ojs.unpkediri.ac.id), diakses 10 Februari 2019.

Muin, A., dan Damayanti. 2016. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Teknik Scaffolding. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2016. (Online), (https://repository.uir.ac.id), diakses 16 Maret 2019. Cirebon: FKIP UNSWAGATI.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., dan Arora, A. 2012. TIMSS 2011 International Result in Mathematics. (Online), (https://timssandprils.bc.edu), diakses 24 Juli 2018. United States: Boston College.

__________. 2015. TIMSS 2015 International Result in Mathematics. (Online), (https://timssandprils.bc.edu), diakses 18 Februari 2019. United States: Boston College.

Purwasih, Ratni. 2015. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTs di Kota Cimahi melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung. (Online), Vol. 9, No. 1, Halaman 16-25, (https://ejournal.stkipsiliwangi.ac.id), diakses 22 Agustus 2018.

Rahmadani, H., dan Acesta, Arrofa. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Kuningan. (Online), Vol. 2, No. 1, Halaman 1-6, (https:// scholar.google.co.id), diakses 3 Januari 2019.

Rosnawati, R. 2013. Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Indonesia Pada TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. (Online), (https://staff.uny.ac.id), diakses 24 Juli 2018.

Sartika, N. S. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Siswa Mts Melalui Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Group Investigation. Tesis SPs UPI Bandung. (Online), (https://repository.upi.edu), diakses 22 Oktober 2018. Bandung: UPI.

Setiawan, Budi. 2011. Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Tesis diterbitkan. (Online), (https://repository.upi.edu), diakses 18 Juli 2018. Bandung: UPI.

Sundawi, Sri Ajeng. 2018. Pengaruh Pemberian Penguatan Verbal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Penelitian Deskriptif Kuantitatif dilakukan di Kecamatan Cibeuying Kaler Kota Bandung). Skripsi diterbitkan. (Online), (https:// repository.unpas.ac.id), diakses 10 Februari 2019. Bandung: UNPAS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.