Efektivitas Guided Discovery Learning Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Reflektif dan Self Confidence

Reza Adelia, Sri Hastuti Noer, Pentatito Gunowibowo

Abstract


This quasi-experimental research aimed to find out the effectiveness of guided discovery learning toward reflective thinking ability and self confidence. The population in this research was all students of eight grade of SMPN 5 Bandarlampung on academic year 2018/2019 as many as 247 student’s, distributed in eight class. Sampling were done by using purposive sampling technique and selected class VIII E and class VIII H as the samples of the research with the amount of students in each class was 30 students. This research used pretest-posttest group design for student’s reflective thinking ability and posttest only control group design for student’s self confidence. The data in this research was quantitative data that obtained by student’s reflective thinking ability test and mathematical self confidence scale. By using -test and proportion test, conclusions are obtained that guided discovery learning was effective towards students reflective thinking ability but not effective towards students self confidence.

Keyword : effectiveness, guided discovery learning, reflective thinking ability, self confidence

 

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas guided discovery learning ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif dan self confidence. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandarlampung semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 247 siswa, yang terdistribusi dalam delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan terpilih kelas VIII E dan VIII H sebagai sampel penelitian dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas adalah 30 siswa. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest group design untuk kemampuan berpikir reflektif siswa dan posttest only control group design untuk self confidence siswa. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan berpikir reflektif dan skala self confidence. Dengan menggunakan uji- dan uji proporsi, diperoleh kesimpulan bahwa guided discovery learning efektif ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif tetapi tidak efektif ditinjau dari self confidence siswa.

kata kunci: efektivitas, guided discovery learning, kemampuan berpikir reflektif, self confidence

Full Text:

PDF

References


Angkotasan, Nurma. 2013. Model PBL dan Cooperative Learning Tipe TAI Ditinjau dari Aspek Kemampuan Berpikir Reflektif dan Pemecahan Masalah Matematis, Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 8, No. 1,

(https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/downloa

d/8497/7010), diakses 10 Oktober 2018.

Dhianti, Leny Haeruman. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Confidence Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMA di Bogor Timur. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 10, No. 2,

(http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/download/2040/1582), diakses 15 Februari 2018.

Hasan, Nadia Dezira. 2015. Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMP. Tesis diterbitkan. (Online),

(http://repository.upi.edu/18222/8/S_MAT_1101899_Chapter1.pdf), diakses 8 Januari 2018. Bandung: UPI.

Heong, Y. M. 2011. The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills Among Technical Education Students. International Journal of Social and humanity. (Online), Vol. 1, No. 2, (http://ijssh.org/papers/20H009.pdf), diakses 14 Desember 2018.

Kamaliyah. 2012. Developing the Sixth Level of PISA Like Math ematics Problem for Secondary School Student. Journal on Mathematics Education. (Online), Vol. 4, No 1, (https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/download/559/157), diakses 10 Januari 2019.

Kamarullah. 2017. Pendidikan Matematika di Sekolah Kita.. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. (Online), Vol 1, No 1, (http://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/alkhawarizmi/article/download/1729/1272), diakses 12 Januari 2019.

Kurnia, Betha S., Wardono., & Kartono. 2018. Analisis Soal-Soal Matematika Tipe HigherOrder Thinking Skill (HOTS) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika diterbitkan. (Online),

(https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20393/9685), diakses 7 Januari 2019.

Martyanti, A. 2013. Membangun Self Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Solving. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika diterbitkan. (Online), (https://eprints.uny.ac.id/10726/1/P%20%203.pdf), diakses 8 Januari 2019. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Noer, Sri Hastuti. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui

Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: UPI.

______________. 2018. Guided discovery model: An alternateve to enhance students’ critical thinking skills and critical thinking dispositions. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 5, No. 1,

(https://www.researchgate.net/publication/327842406_Guided_discovery_model_An_alternative_to_enhance_students'_critical_thinking_skills_and_critical_thinking_dispositions), diakses 23 Desember 2018.

Novita, R., Zulkardi, Hartono, Y. 2012. Exploring Primary Student’s Problem Solving Abillity. Journal on Mathematics Education. (Online), Vol. 3, No. 2, (https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/571/168), diakses 10 Januari 2019.

OECD. 2016. PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education. (Online), (https://eiie.org/media_gallery/81459.pdf), diakses 20 September 2018.

Octanigrum, Endah. W.S. 2015. Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam Pendekatan Penemuan Terbimbing. Disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. (Online), (http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM126.pdf). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Oktavioni, Winda. 2017. Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Pembelajaran Ipa Melalui Model Discovery Learning Di Kelas V Sd Negeri 186/1 Sridadi. Skripsi diterbitkan. (Online), (http://repository.unja.ac.id/1334/1/A1D113057ARTIKEL.pdf), diakses 20 Januari 2019. Jambi: Universitas Jambi.

TIMSS. 2011. Timss 2011 and Timss Advanced 2015 International Results. (Online), (http://timss 2011.org/), diakses 7 September 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.