Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Reflektif dan Disposisi Matematis
Abstract
This quasi-experimental research aimed to find out the effectiveness of guided inquiry learning on student’s reflective thinking ability and mathematical disposition. The population in this research was all students of grade 8th of SMPN 13 Bandarlampung in academic year of 2018/2019, consist of 307 students that distributed into ten classes. Through purposive sampling technique, VIII.1 consist of 31 students and VIII.3 consist of 31 students were chosen as the research sample. This research used pretest-posttes control group design for student’s reflective thinking ability and posttest only control group design for student’s mathematical disposition. The data in this research was quantitative data that obtained by student’s reflective thinking ability test and mathematical disposition scale. By using t-test and proportion test, conclusions are obtained that guided inquiry learning wasn’t effective in terms of student’s reflective thinking ability and mathematical disposition.
Keyword: effectiveness, guided inquiry, mathematical disposition, reflective
thinking ability
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif dan disposisi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 13 Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019, yang terdiri dari 307 siswa dan terdistribusi dalam sepuluh kelas. Melalui teknik purposive sampling, terpilihlah kelas VIII.1 sebanyak 31 siswa dan VIII.3 sebanyak 31 siswa sebagai sampel penelitian. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design untuk kemampuan berpikir reflektif siswa dan posttest only control group design untuk disposisi matematis siswa. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan berpikir reflektif dan skala disposisi matematis. Dengan menggunakan uji-t dan uji proporsi, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif dan disposisi matematis siswa.
Kata kunci: efektivitas, disposisi matematis, inkuiri terbimbing, kemampuan
berpikir reflektif
Full Text:
PDFReferences
Azwar, Saifuddin. 1995. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dahlan, J. A. (2011). Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Fauziah, Anna. 2016. Desain Soal Matematika Tipe Pisa pada Konten Uncertainty and Data untuk Mengetahui Kemampuan Argumentasi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Seminar Nasional dan Lokakarya PISA 2016. (Online), (http: //eprints.unsri.ac.id/6918/), diakses 13 September 2018.
Fuady, Anies. 2016. Berfikir Reflektif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Malang. (Online), Vol. 1, No 2., (https://media.neliti.com/media/publications/90990-ID-berfikir-reflektif-dalam-pembelajaran-ma.pdf), diakses 10 September 2018.
Guilamas, Stephanos, Abour Cherif, Sarah Keller, dan Ann Hansen. 2001. Using Guided Inquiry in Teaching Mathematical Subjects. Humanistic Mathematics Network Journal. (Online), Vol. 1, Iss. 25, Article 11, (https://scholarship.claremont.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1446&context=hmnj), diakses 10 Oktober 2018.
Kuhlthau, C.C. 2010. Guided Inquiry: School Libraries in the 21th Century. School Libraries Worldwide Journal. (Online), (http://wp.comminfo.rutgers.edu/ckuhlthau/wp-content/uploads/sites/185/2016/02/GI-School-Librarians-in-the-21-Century.pdf), diakses 1 Januari 2019.
Mullis, Ina V.S., Michael O. Martin, Pierre Foy, dan Alka Arora. 2012. TIMSS 2011 International Result in Mathematics. US: International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA). (Online), (https://timssandpirls.bc.edu/timss2011/downloads/T11_IR_Mathematics_FullBook.pdf), diakses 13 September 2018.
NCTM. 1989. Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. (Online), (http://webapp1.dlib.indiana.edu/virtual_disk_library/index.cgi/4273355/FID3289/STANDRDS/STANDARD/ENC2280/280dtoc1.htm), diakses 10 Oktober 2018.
Noer, Sri Hastuti. 2008. Problem-Based Learning dan Kemampuan Berpikir Reflektif Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. (Online), (https://eprints.uny.ac.id/6943/1/P-22%20Pendidikan%28Sri%20Unila%29.pdf), diakses 10 September 2018.
______________. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif (K2R) Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: PPS UPI.
______________. 2018. Guided Discovery Model: An Alternative to Enhance Student’s Critical Thinking Abilitys and Critical Thinking Dispositions. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 5, No.1., (http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm), diakses 17 Desember 2018.
Nurfitriyanti, Maya. 2017. Peningkatan Kemampuan Disposisi Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Aktivitas Siswa. Jurnal SAP. (Online), Vol. 2 No. 1, (http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/download/1726/1340), diakses pada 30 Desember 2018.
OECD. 2015. PISA 2015 Result in Focus. (Online), (https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf), diakses 1 September 2018.
PRIMAS. 2011. Guide for Professional Development Providers. (Online), (http://primas-project.eu/wp-content/uploads/sites/323/2017/11/FINAL_WP4_Guide_PD_providers_licence_150708.pdf.), diakses 30 Desember 2018.
Rosnawati, R. 2013. Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. (Online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/R.%20Rosnawati,%20Dra.%20M.Si./Makalah%20Semnas%202013%20an%20R%20Rosnawati%20FMIPA%20UNY.pdf), diakses 13 September 2013.
Suharna, Hery. 2012. Berpikir Reflektif (Reflective Thinking) Siswa SD Berkemampuan Matematika Tinggi dalam Pemahaman Masalah Pecahan. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. (Online), (https://eprints.uny.ac.id/7660/1/P%20-%2041.pdf), diakses 12 Oktober 2018.
Sumarni S., Bimo Budi Santoso, dan Achmad Rante Suparman. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri 01 Manokwari (Studi pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan). Jurnal Nalar Pendidikan. (Online), Vol. 5, No. 1, (http://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/3285), diakses 20 September 2018.
Sumarmo, Utari. 2010. Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Bandung: FPMIPA UPI. (Online), (https://www.academia.edu/10346582/BERFIKIR_DAN_DISPOSISI_MATEMATIK_APA_MENGAPA_DAN_BAGAIMANA_DIKEMBANGKAN_PADA_PESERTA_DIDIK), diakses 12 September 2018.
____________. 2011. Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung. (Online), Vol 1 hal. 22-23, (https://www.academia.edu/25043289/PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_BERBASIS_PENDIDIKAN_KARAKTER), diakses 14 Desember 2018.
Ulmer, Jonathan D. 2010. The Impact of Inquiry-Based Learning on the Academic Achievement of Middle School Students. Western AAAE Research Conference Proceedings. Texas Tech University. (Online), (https://www.researchgate.net/publication/268347956_The_Impact_of_Inquiry-Based_Learning_on_the_Academic_Achievement_of_Middle_School_Students/download), diakses 2 Januari 2018.
Widyasari, Nurbaiti, Jarnawi Afgani Dahlan, dan Stanley Dewanto. 2016. Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika. (Online), Vol.2, No.2, (https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1652/1404), diakses 3 Januari 2019.
Winsløw, Carl. 2017. Meria Practical Guide to Inquiry Based Mathematics Teaching. Project MERIA. (Online), (https://meria-project.eu/sites/default/files/2017-10/MERIA%20Practical%20Guide%20to%20IBMT.pdf), diakses 1 Januari 2019.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.