Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Badrun Zaman, M. Coesamin, Rini Asnawati

Abstract


This quasi experimental research aimed to find out the influence of Problem Based Learning models toward to student’s understanding of mathematical concept. The population of this research was all students of grade VIII of SMPN 5 Bandarlampung in academic year of 2017/2018 that were distributed into 11 classes. The sampling was done by purposive sampling technique and it was chosen students of VIII-A and VIII-B as samples. The design which was used was the –posttest only  control group design. The data of student’s understanding of mathematical concept obtain using test technique. The data analysis was used was Mann-whitney U test. Based on the research and conclusion indicated that the learning used Problem Based Learning is not influence on student’s understanding of mathematical concept.

 

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep matematis siswa.  Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII  SMPN 5 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam sebelas kelas.  Pengambilan sam­pel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan terpilih siswa pada kelas VIII-A dan VIII-B sebagai sampel.  Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Data kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh menggunakan tehnik tes. Analisis data yang digunakan adalah uji Mann-Whitney . Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah tidak berpengaruh terhadapan pemahaman konsep matematis siswa.

 

Kata kunci: pemahaman konsep matematis, pembelajaran berbasis masalah


Full Text:

PDF

References


Agustina, L. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 1(1). (Online), (http://jurnal.umtapsel.ac.id/index.php/eksakta/article/view/49), diakses 20 Januari 2017.

Amir, M. Taufik. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.

Annisa, S. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Mataram Kasihan. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), (http://repository.upy.ac.id/1560/), diakses 28 November 2017.

Arisanti, A., & Khotimah, R. P. 2016. Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar (PTK Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo). Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), (http://e-prints.ums.ac.id/44825/), diakses 29 Januari 2017.

Cahyani, A. 2015. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Discovery Learning (PTK Pada Siswa Kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali Tahun 2015/2016). Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), (http://eprints.ums.ac.id/39254/), diakses 29 Januari 2017.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. BSNP: Jakarta.

Fristady, Restu. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gedongtataan Kabupaten Pesawaran Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi diterbitkan. (Online), (http://digilib.unila.ac.id/28377/), diakses 1 Juli 2018. Bandar Lampung: FKIP Matematika Unila.

Huo, Meldi. 2013. Analisis Pemahaman Konseptual dan Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Hitungan pada Materi Kesetimbangan Kimia Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Limboto. Jurnal Fakultas Matematika dan IPA. (Online), Vol. 1, No. 1, (http://kim.ung.ac.id), diakses 5 September 2018.

Lutfi, Ahmad. 2016. Problem Posing dan Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. (Online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id), diakses 4 Agustus 2018.

Murizal, Angga. 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol. 1, No. 1, (http://ejournal.unp.ac.id), diakses 5 September 2018.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. (Online), (http://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf), diakses 11 November 2017.

Pratikta, Maulana Eka. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Koorperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. (Online), (http://jurnal.fkip.unila.ac.id), diakses 20 Januari 2018.

Ruseffendi, E. T. 1998. Statistika Dasar Untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung Press.

Sari, Intan Permata. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Belief Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: FKIP Matematika Unila.

Sari, Veni Anita. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Natar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: FKIP matematika Universitas Lampung.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung. Tarsito.

Suherman, Erman., Turmudi., Suryadi, Didi., Herman, Tatang., Suhendra., Prabawanto, Sufyani. Nurjanah., Rohayati, Ade. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

TIMSS. 2016. TIMSS 2016 International Results in Mathematics. (Online), (http://www.pikiranrakyat.com/pendidikan/2016/06/18/peringkat-pendi-dikan-indonesia-masih-rendah-372187), diakses 20 Januari 2018.

Widyastuti. 2010. Pengaruh Pembelajaran Model Elicting Activities Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA 2011: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

      

                               

        

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.